Kompas TV internasional kompas dunia

Utusan Khusus PBB Desak Komandan Pasukan Sudan Menahan Diri

Kompas.tv - 30 Oktober 2021, 16:00 WIB
utusan-khusus-pbb-desak-komandan-pasukan-sudan-menahan-diri
Warga Sudan di Khartoum berunjuk rasa memprotes kudeta militer, pada Jumat, 29 Oktober 2021. Utusan khusus PBB Volker Perthes bertemu dengan Jenderal Muhammad Hamdan Dagalo, komandan Rapid Support Force, yang menjadi ujung tombak kudeta militer. (Sumber: AP Photo / Marwan Ali)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

KAIRO, KOMPAS.TV — Utusan khusus PBB untuk Sudan bertemu dengan komandan pasukan paramiliter Sudan, dan mendesaknya untuk mengizinkan digelarnya protes dan unjuk rasa damai untuk menghindari konfrontasi setelah kudeta militer awal pekan ini, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (30/10/2021).

Kelompok aktivis pro-demokrasi menyerukan pawai "jutaan orang" pada hari ini (30/10/2021) menuntut pemulihan pemerintahan transisi yang digulingkan dan pembebasan tokoh politik senior dari tahanan.

Kudeta itu mengancam akan menggagalkan transisi rapuh Sudan menuju demokrasi yang didukung Barat sejak dua tahun lalu, setelah penggulingan diktator lama Omar al-Bashir.

Utusan khusus PBB Volker Perthes bertemu Jenderal Muhammad Hamdan Dagalo, salah seorang pemimpin kudeta yang dianggap dekat dengan pemimpin tertinggi militer Sudan, Jenderal Abdel-Fattah Burhan.

Jenderal Dagalo memimpin Pasukan Pendukung Cepat atau Rapid Support Force (RSF) yang ditakuti, sebuah unit paramiliter yang mengendalikan jalan-jalan di ibu kota Khartoum dan memainkan peran utama dalam kudeta.

RSF terkenal karena kekejaman dan pemerkosaan selama konflik di wilayah Darfur Sudan dan serangan mematikan terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi pada 2019.

Volker Perthes mengatakan di Twitter dirinya “menekankan perlunya ketenangan, mengizinkan protes damai dan menghindari konfrontasi apa pun” dalam pembicaraannya dengan Dagalo.

Seorang pejabat senior Amerika Serikat juga mengatakan kepada wartawan pada Jumat (29/10/2021) bahwa protes massa pada Sabtu akan menjadi “ujian” bagi Sudan dan bahwa militer Sudan telah “membajak dan mengkhianati aspirasi rakyat Sudan.”

Baca Juga: Dewan Keamanan PBB Desak Militer Sudan Pulihkan Pemerintahan Sipil

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan yang kini menjadi penguasa tertinggi Sudan setelah militer di bawah komandonya mengambil alih pemerintahan dan menahan perdana menteri serta jajaran pejabat negara itu. (Sumber: France24 via AFP)

Sejak pengambilalihan militer, terjadi protes jalanan setiap hari. Sedikitnya sembilan orang tewas oleh tembakan pasukan keamanan, menurut Komite Dokter dan aktivis Sudan. Setidaknya 170 orang lainnya terluka, menurut PBB.

Jenderal Burhan mengklaim pengambilalihan itu diperlukan untuk mencegah perang saudara, mengutip apa yang dia katakan adalah perpecahan yang berkembang di antara kelompok-kelompok politik.



Sumber : Kompas TV/Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x