Kompas TV internasional kompas dunia

Aksi Protes Jelang KTT Perubahan Iklim Dilakukan di Depan Bank di Inggris, Ternyata Ini Sebabnya

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 20:14 WIB
aksi-protes-jelang-ktt-perubahan-iklim-dilakukan-di-depan-bank-di-inggris-ternyata-ini-sebabnya
Lokasi venue KTT Perubahan Iklim di Glasgow, Skotlandia, Jumat (29/10/2021). KTT Perubahan Iklim PBB itu akan digelar mulai Minggu (31/10/2021). (Sumber: AP Photo/Scott Heppell)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Gading Persada

LONDON, KOMPAS.TV – Jelang KTT Perubahan Iklim PBB di Glasgow, Skotlandia, ribuan pengunjuk rasa dijadwalkan menggelar aksi protes di distrik keuangan di jantung kota London, Inggris, Jumat (29/10/2021). Para pengunjuk rasa memprotes penggunaan bahan bakar fosil.

Melansir Associated Press, para pengunjuk rasa akan memulai aksi di Climate Justice Memorial di luar pasar asuransi Llyod’s di London.

Aksi itu digelar di distrik keuangan, karena para pengunjuk rasa memprotes agar sistem keuangan dunia berhenti berinvestasi dalam penggunaan bahan bakar fosil.

Bank internasional Standard Chartered akan menjadi fokus utama pada Jumat sore waktu setempat, pun Bank of England.

Aksi protes juga rencananya digelar di sejumlah bank Inggris seperti Lloyds dan Barclays.

Menurut para aktivis, bank-bank bertanggung jawab mendanai aktivitas yang dituding sebagai penyebab hancurnya rumah mereka, Bumi.

Baca Juga: Bagi Petani Melarat Afghanistan, Dampak Perubahan Iklim Lebih Mengerikan daripada Perang

Aktivis Swedia Greta Thunberg direncanakan bergabung dalam aksi protes yang merupakan bagian aksi protes di seluruh dunia jelang pertemuan para pemimpin di Glasgow itu.

Banyak para aktivis lingkungan menyebut, KTT yang dijuluki COP26 itu merupakan kesempatan terakhir dunia untuk mengubah arah peperangan terhadap perubahan iklim.

Di seluruh dunia, para aktivis juga turun ke jalan dan menyerukan aksi serupa, termasuk di Polandia, negara yang bergantung pada batu bara.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x