Kompas TV internasional kompas dunia

Gambar Satelit Kompleks Pengembangan Nuklir Milik Korea Utara

Kompas.tv - 20 September 2021, 11:40 WIB
Penulis : Theo Reza

YONGBON, KOMPAS.TV – Inilah gambar satelit terbaru yang  menunjukkan Korea Utara sedang memperluas pabrik pengembangan uranium di kompleks nuklir utamanya di wilayah Yongbyon.

Kata para ahli hal Ini merupakan sebuah tanda bahwa mereka berniat meningkatkan produksi bahan bom.

Penilaian itu dilakukan setelah Korea Utara sebelumnya meningkatkan ketegangan dengan uji coba rudal pertamanya dalam enam bulan terakhir di tengah negosiasi perlucutan senjata nuklir yang terlihat tidak ada perkembangan dengan Amerika Serikat.

Para ahli di Institut Studi Internasional Middlebury di Monterey mengatakan foto-foto yang diambil awal bulan ini oleh perusahaan citra satelit Maxar juga menunjukkan konstruksi di daerah yang bersebelahan dengan pabrik.

Baca Juga: Ngeri! Korea Utara Tembak Rudal Jarak Jauh, Ada Apa?

Laporan itu mengatakan citra satelit yang diambil pada 1 September menunjukkan Korea Utara menebang pohon dan menyiapkan tanah untuk konstruksi, dan ekskavator konstruksi juga terlihat.

Ia juga mengatakan gambar kedua yang diambil pada 14 September 2021 menunjukkan dinding yang didirikan untuk menutupi area tersebut. Terlihat ada fondasi dibongkar dari sisi bangunan untuk menyediakan akses ke area yang baru tertutup.

Area baru ini diperkirakan berukuran sekitar 1.000 meter persegi. Ruang ini dinilai cukup untuk menampung 1.000 sentrifugal tambahan yang akan meningkatkan kapasitas pabrik untuk menghasilkan pengembangan uranium hingga sebesar 25%.

Video Editor: Vila Randita



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x