Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Warga Inggris Jadi Korban Ledakan Bom Bunuh Diri di Bandara Kabul, Siapa Mereka?

Kompas.tv - 30 Agustus 2021, 06:26 WIB
dua-warga-inggris-jadi-korban-ledakan-bom-bunuh-diri-di-bandara-kabul-siapa-mereka
Dua warga Inggris, Muhammad Niazi dan Musa Popal terbunuh dalam ledakan bom bunuh diri di luar Bandara Kabul, Kamis (26/8/2021). (Sumber: BBC)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

KABUL, KOMPAS.TV - Dua warga Inggris teridentifikasi sebagai korban ledakan bom bunuh diri di Bandara Kabul, Afghanistan, Kamis (26/8/2021).

Kedua warga Inggris tersebut adalah Musa Popal dan Mohammad Niazi.

Keduanya tewas saat menunggu evakuasi di luar Bandara Kabul.

Dikutip dari BBC, Kementerian Luar Negeri Inggris mengonfirmasikan dua warganya tewas, juga satu anak dari warga Inggris meregang nyawa.

Baca Juga: Afghanistan Kacau, Pemimpin Tertinggi Iran: Penyebabnya Adalah AS si Rubah Licik

Popa mengelola pasar swalayan Madeena di Hendon, London Utara selama lebih dari 20 tahun.

Ia berada di Afghanistan pada Juni lalu dengan istrinya untuk bertemu keluarganya.

Putri Musa Popal, Zohra Popal, mengungkapkan ayahnya tengah menunjukkan passport Inggris-nya kepada tentara Amerika Serikat (AS), ketika ledakan terjadi.

Zohra juga mengungkapkan bahwa ibunya selamat dari ledakan tersebut, tetapi cucu Popal yang berusia 14 tahun, Hameed masih menghilang.

“Ibu saya, ia harus merangkak menjauh dengan berlumuran darah dan bagian dari orang-orang. Ia melihat semuanya,” kata Zohra.

Ia juga menyesali insiden ini, dan mengungkapkan jika tahu hal itu akan terjadi, mereka tak akan membiarkannya pergi ke Afghanistan.

Zohra pun mengatakan ibunya kehilangan segalanya saat pengeboman, termasuk dokumen, dan saat ini masih berada dalam bahaya setelah Inggris menghentikan evakuasi dan meninggalkan Afghanistan, Sabtu (28/8/2021).



Sumber : BBC


BERITA LAINNYA



Close Ads x