Kompas TV internasional kompas dunia

Rakyat Korea Utara Berduka, Pemimpin Mereka Kim Jong-un Terlihat Kurusan

Kompas.tv - 28 Juni 2021, 05:54 WIB
rakyat-korea-utara-berduka-pemimpin-mereka-kim-jong-un-terlihat-kurusan
Semua orang di Korea Utara dilaporkan bersedih hati atas penurunan berat badan pemimpin mereka, Kim Jong Un, kata seorang warga Pyongyang yang tidak disebutkan namanya dan dikutip media pemerintah yang dikontrol ketat negara itu (Sumber: Straits Times via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

SEOUL, KOMPAS.TV - Semua orang di Korea Utara dilaporkan bersedih hati atas penurunan berat badan pemimpin mereka, Kim Jong Un, kata seorang warga Pyongyang yang tidak disebutkan namanya dan dikutip media pemerintah yang dikontrol ketat negara itu, setelah menonton rekaman video Kim baru-baru ini.

Seperti dilansir Straits Times, Minggu, (27/06/2021), komentar publik yang jarang tentang kesehatan Kim muncul setelah analis asing mencatat pada awal Juni, pemimpin otokratis yang diyakini berusia 37 tahun itu,  tampaknya kehilangan banyak berat badan.

"Melihat Sekjen (Kim Jong Un) yang disegani tampak kurus, sangat menghancurkan hati rakyat kami," kata pria itu dalam wawancara yang disiarkan stasiun televisi KRT, Jumat lalu.

"Semua orang mengatakan air mata mereka menggenang di pelupuk mata," katanya.

Dalam klip tersebut, yang tidak dapat diverifikasi secara independen, warga Pyongyang terlihat menonton layar lebar di jalan yang menunjukkan konser yang dihadiri oleh Kim dan pejabat partai setelah rapat pleno Partai Pekerja Korea mereka.

Baca Juga: Korea Utara Hukum Mati 10 Orang, Hanya Karena Lakukan Panggilan Internasional

Kim Jong-un saat berbicara pada Kongres Partai Buruh Korea. (Sumber: Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)

Siaran itu tidak memberikan rincian apa pun tentang apa yang menyebabkan penurunan berat badan.

Ketika Kim muncul kembali di media pemerintah pada bulan Juni setelah tidak terlihat di depan umum selama hampir sebulan, analis di NK News, sebuah situs web yang berbasis di Seoul yang memantau Korea Utara, mencatat jam tangan Kim tampaknya diikat lebih erat daripada sebelumnya di sekitar pergelangan tangan yang terlihat lebih ramping.

Mengingat cengkeraman ketat Kim atas kekuasaan di Korea Utara - dan ketidakpastian atas rencana apa pun untuk penggantinya - media internasional, intervensi mata-mata, dan spesialis mengawasi kesehatannya dengan cermat.

Awal tahun lalu, spekulasi tentang kesehatannya meledak setelah ia melewatkan perayaan ulang tahun kelahiran pendiri negara Kim Il Sung pada 15 April, hanya untuk muncul kembali di depan umum pada awal Mei.

Pada tahun 2014, media pemerintah melaporkan Kim Jong Un menderita "ketidaknyamanan", setelah lama tidak terlihat oleh publik.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x