Kompas TV internasional kompas dunia

Mundur Dari Yayasan Bill & Melinda Gates, Warren Buffet Sumbang Rp59 T

Kompas.tv - 24 Juni 2021, 13:06 WIB
mundur-dari-yayasan-bill-melinda-gates-warren-buffet-sumbang-rp59-t
Warren Buffet (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

NEW YORK, KOMPAS.TV- Warren Buffett mengundurkan diri dari posisinya sebagai wali amanat di Bill and Melinda Gates Foundation. Mengutip dari Wall Street Journal, Kamis (24/06/2021), Buffett ternyata juga mundur dari semua jabatan di perusahaan lainnya untuk mengurangi beban kerja. Kecuali di perusahaan yang ia dirikan sendiri, Berkshire Hathaway.

Belum ada pernyataan resmi soal alasan mundurnya Buffet. Namun ia menyatakan, CEO Bill & Melinda Gates Foundation yang baru, Mark Suzman adalah sosok yang luar biasa dan dia memberikan dukungan penuh.

"Tujuan saya 100 persen selaras dengan yayasan, dan partisipasi fisik saya sama sekali tidak diperlukan untuk mencapai tujuan ini," kata Buffet.

Warren Buffett juga menyumbangkan sebagian saham Berkshire Hathaway miliknya, senilai 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp59 triliun (kurs Rp 14.400) untuk amal.

Baca Juga: 5 Cara Ajarkan Anak Menabung dan Mengatur Keuangan ala Pebisnis Kaya Warren Buffet

Pada 2006, Buffett berjanji untuk memberikan semua saham Berkshire Hathaway miliknya kepada lima organisasi, termasuk Gates Foundation. Sumbangan senilai Rp59 triliun, adalah hampir setengah dari nilai yang dijanjikannya.

Sejak tahun 2006 dia telah menyumbangkan lebih dari 41,5 miliar dollar AS saham Berkshire, termasuk lebih dari 32,7 miliar dollar AS kepada Gates Foundation. 

Bill & Melinda Gates Foundation didirikan pada tahun 2000, dengan pendanaan dari kekayaan pribadi pasangan itu, serta beberapa yayasan keluarga Gates lainnya.

Hingga saat ini, yayasan tersebut telah mengeluarkan dana sebesar hampir 54 miliar dollar AS untuk berbagai kegiatan sosial. Terutama yang berkaitan dengan kesehatan global, pengentasan kemiskinan, dan belakangan yang terkait dengan vaksin Covid-19.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x