Kompas TV internasional kompas dunia

Min Aung Hlaing, Pemimpin Junta Militer Myanmar, Tiba di Jakarta

Kompas.tv - 24 April 2021, 13:57 WIB
min-aung-hlaing-pemimpin-junta-militer-myanmar-tiba-di-jakarta
Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing tiba di Bandara Soekarno Hatta, Sabtu (24/4/2021) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang membahas masalah konflik Myanmar. (Sumber: Dok. Sekretariat Presiden)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Eddward S Kennedy

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemimpin junta militer Myanmar, Jenderal Min Aung Hlaing, telah tiba di Jakarta, Indonesia, Sabtu (24/4/2021).

Menaiki pesawat Myanmar Airways International, Jenderal Ming tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.49 WIB menyusul kedatangan sembilan pimpinan negara anggota ASEAN lainnya. 

Baca Juga: KTT ASEAN Fokus Bahas Situasi Myanmar Keluar dari Krisis

Kunjungan yang dimaksudkan untuk menghadiri ASEAN Leaders Meeting (ALM) atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ini menjadi agenda luar negeri pertama Jenderal Min setelah melakukan kudeta 1 Februari lalu.

Seperti yang telah diketahui, rencana kedatangan Jenderal Min ditentang oleh banyak pihak karena dianggap bertanggungjawab atas kekerasan militer yang terjadi di Myanmar.


Baca Juga: Presiden Jokowi dan PM Vietnam berharap ASEAN Leaders’ Meeting Beri Solusi Bagi Rakyat Myanmar

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah memaklumi penolakan itu, terlebih kedudukan Sekretariat ASEAN berada di Jakarta.

"Bisa dimaklumi adanya penolakan itu. Namun yang perlu dipahami adalah status kedudukan Sekreatriat ASEAN ada di Jakarta," tutur Faiza, sebagaimana dikutip dari Kompas.com, Sabtu.

Baca Juga: Menlu Sebut Pemimpin ASEAN akan Bahas Krisis di Myanmar Besok

"Kalau bisa dibandingkan adalah kantor Sekretariat ASEAN dengan kantor PBB di New York. Siapapun ketua delegasi yang datang ke sana saat persidangan tetap dibolehkan masuk," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, KTT yang digelar pukul 14.00 WIB ini akan membahas situasi di Myanmar.

Pertemuan yang digelar di Sekretariat ASEAN di Kebayoran Baru, Jakarta itu pun diharapkan mencapai kesepakatan bersama untuk membantu Myanmar keluar dari konflik saat ini.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x