Kompas TV internasional kompas dunia

KRI Nanggala-402 Masih dalam Pencarian, Ini Deretan Kapal Selam yang Hilang dan Berhasil Ditemukan

Kompas.tv - 22 April 2021, 10:10 WIB
kri-nanggala-402-masih-dalam-pencarian-ini-deretan-kapal-selam-yang-hilang-dan-berhasil-ditemukan
Kapal selam USS Grayback hilang tenggelam dengan 80 pelaut di dalamnya oleh pembom kapal induk Nakajima b5N 26 Februari 1944 (Sumber: Twitter/@AMMWWII)
Penulis : Gading Persada | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV- Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala-402 masih dalam pencarian setelah kapal selam itu dilaporkan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) di perairan Bali sekitar pukul 03.00 WIB.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berharap kapal selam yang membawa 53 awak dan dikomandani  Letkol Pelaut (P) Heri Oktavian itu dapat segera ditemukan.

Insiden kapal selam KRI Nanggala-402 ternyata pernah terjadi di negara lain dan menimpa sejumlah kapal selam lainnya dan berhasil ditemukan.

Berikut ini KOMPAS TV rangkum dari berbagai sumber, sejumlah kapal selam yang hilang dan akhirnya berhasil ditemukan:

Baca Juga: Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak Sempat jadi Andalan Saat Sengketa Blok Ambalat

1. HMS Urge

Bangkai kapal selam Inggris HMS Urge yang menghilang pada puncak Perang Dunia II, telah ditemukan tergeletak di dasar laut di lepas pantai Malta, pada Oktober 2019.

Melansir Reuters, 31 Oktober 2019, Urge berlayar pada 27 April 1942, membawa 32 awak, 11 personel angkatan laut lainnya, dan seorang jurnalis, Bernard Gray.

Ia yang dikenal sebagai reporter perang itu menjadi satu-satunya jurnalis Inggris yang diyakini tewas di kapal selam selama Perang Dunia II.

Kapal ini gagal mencapai Alexandria dan dikabarkan hilang. Sebuah tim dari Universitas Malta, telah menghabiskan dua dekade mengamati laut setempat, menyisir daerah yang tempat banyak kapal ditumbangkan oleh pasukan Nazi.

Baca Juga: Ini Rekam Jejak Letkol Laut Heri Oktavian, Komandan Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang Hilang Kontak

2. Kapal Selam U-20 Jerman

Kapal selam U-20 merupakan kapal milik Jerman. Ia dikirim ke Laut Hitam oleh Nazi. Melansir Daily Sabah, 19 Oktober 2020, bagian kapal ini ditemukan di kedalaman 20 meter (65,6 kaki) di lepas pantai Karasu provinsi Sakarya bagian utara, Turki.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x