Kompas TV internasional kompas dunia

KBRI Islamabad Promosikan Nilai Bangsa Indonesia kepada Mahasiswa Pakistan

Kompas.tv - 5 April 2021, 22:10 WIB
kbri-islamabad-promosikan-nilai-bangsa-indonesia-kepada-mahasiswa-pakistan
Dubes Adam M. Tugio dalam pembukaan Online Internship Program (Sumber: KBRI Islamabad)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Islamabad memperkenalkan Indonesia kepada generasi milenial di Pakistan melalui Online Internship Program dengan tema “Contemporary Dynamic of Indonesia”.

Dalam sambutannya, Dubes Adam M Tugio berharap kegiatan ini akan membuka wawasan tentang Indonesia serta memfasilitasi pertukaran pelajar dan peneliti dari kedua negara.

Kegiatan hasil kerja sama dengan salah satu lembaga riset di Pakistan yakni Center for Global & Strategic Studies (CGSS) ini rencananya akan berlangsung selama lima minggu. 

Baca Juga: Kecelakaan Kereta Api di Taiwan, Sebanyak 51 Orang Dilaporkan Tewas

Dengan menghadirkan pembicara dari sejumlah universitas, lembaga riset, dan institusi terkait dari Tanah Air pada setiap sesinya.

Topik bahasan yang diangkat pun beragam mulai dari politik, kebijakan luar negeri, ekonomi dan pembangunan, budaya, keberagaman, hingga permasalahan iklim di Indonesia.

Pada sesi pertamanya hadir Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Gadjah Mada, Dr. Abdul Gaffar Karim yang memberikan materi diskusi bertemakan Indonesian Politics: Between Islam and Nationalism.

Baca Juga: Menhan Amerika Lloyd J. Austin Telepon Prabowo, Ini Yang Dibicarakan!

Abdul menjelaskan bagaimana pengaruh Islam dalam wacana kemerdekaan Indonesia dan nasionalisme kebangsaan pada akhirnya menjadi pilihan mayoritas bangsa Indonesia.

Selanjutnya, diskusi yang lain akan dilaksanakan secara berkala dengan hasil diskusi akan menjadi bahan tulisan bagi para mahasiswa yang ikut serta, untuk dipublikasikan ke berbagai media di Pakistan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x