Kompas TV internasional kompas dunia

Seram! 6 Mitos Kutukan di Dunia dan Kisah Asal Usulnya

Kompas.tv - 5 April 2021, 12:00 WIB
seram-6-mitos-kutukan-di-dunia-dan-kisah-asal-usulnya
Sebuah mumi Mesir Kuno di Mesir. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA,  KOMPASTV - Kutukan bagi sebagian orang dianggap merupakan benar adanya. Biasanya dihubungkan dengan situasi bencana dan kematian yang tidak wajar. 

Beberapa mitos kutukan di dunia sudah terabadikan dalam sejarah dan dikisahkan secara turun temurun seperti yang himpun dalam History. Berikut kisah yang paling fenomenal hingga asal usulnya.

1. Kutukan di makam Raja Polandia

Dalam misi penelitian sekelompok Arkeolog membongkar makam raja Polandia abad ke-15 Casimir IV Jagiellon di Krakow, Polandia pada tahun 1973.

Dengan nada bercanda, mereka mengatakan tidak percaya dengan kutukan jika membuka peti mati. Namun, tak lama setelah ekspedisi, Arkeolog tersebut mulai meninggal satu persatu.

Media Eropa berspekulasi bahwa penyebab kematian tim Arkeolog tersebut adalah karena kutukan. Namun belakangan ditemukan bahwa jamur beracun lah yang menyebabkan mereka menderita sakit paru-paru karena telah menghirupnya selama ekspedisi.

2. Kutukan Firaun Raja Tut

Kutukan mumi termasuk kisah yang paling populer di kalangan masyarakat. Salah satunya mengilhami beberapa film seperti The Mummy (1932). 

Awalnya pada tahun 1923, tim Arkeolog berniat untuk membuka makam Tutankhamun, atau "Raja Tut," seorang firaun Mesir pada abad ke-14 SM.

Namun dua bulan kemudian, anggota tim ekspedisi tersebut meninggal karena infeksi jamur. Saat anggota berikutnya turut meninggal, media mengatakan itu terjadi karena kutukan.

Baca Juga: Ambergris, Muntahan Paus yang Berharga Fantastis, Dimanfaatkan untuk Industri Kosmetik dan Parfum

3. Kutukan Kematian Presiden AS



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x