Kompas TV internasional kompas dunia

Niger di Afrika Barat Lantik Presiden dalam Transfer Kekuasaan Pertama Secara Demokratis

Kompas.tv - 3 April 2021, 01:43 WIB
niger-di-afrika-barat-lantik-presiden-dalam-transfer-kekuasaan-pertama-secara-demokratis
Niger lantik presiden baru, Mohamed Bazoum, dalam transisi kekuasaan demokratis pertama negara itu selama beberapa puluh tahun. (Sumber: AFP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

NIAMEY, KOMPAS.TV - Niger melantik presiden baru, Mohamed Bazoum, dalam transfer kekuasaan demokratis pertama negara Afrika Barat itu. Associated Press Sabtu, (03/04/2021) melaporkan, pelantikan Presiden Mohamed Bazoum yang baru terpilih pada hari Jumat itu terjadi beberapa hari setelah pasukan keamanan Niger menggagalkan percobaan kudeta militer di istana presiden semalam dari Selasa hingga Rabu.

Niger beberapa waktu terakhir menghadapi ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya dari ekstremis Islam di dekat perbatasannya yang bermasalah dengan Mali.

Bazoum menggantikan Presiden Mahamadou Issoufou yang mengundurkan diri setelah menjalani dua masa jabatan, sesuai dengan konstitusi Niger. Keputusan Issoufou untuk menghormati konstitusi telah dipuji secara luas dan membuka jalan bagi transfer kekuasaan demokratis dan damai pertama Niger sejak kemerdekaannya dari Prancis pada tahun 1960.

Niger telah mengalami empat kudeta. Bazoum berjanji untuk menjadi "Presiden terpilih untuk semua warga Nigeria" dalam pidato pelantikannya pada hari Jumat.

Sementara berjanji untuk melestarikan persatuan dan persaudaraan rakyat Niger, Presiden Bazoum mengatakan dia siap untuk musyawarah dengan para pemimpin oposisi dalam "dialog konstruktif yang diperlukan untuk mempromosikan iklim politik yang damai, yang menguntungkan bagi kepentingan negara kita."

Baca Juga: Teror Penembakan di Kantor Presiden Niger Ternyata Terkait Upaya Kudeta

Lumbung tradisional penyimpanan makanan di Niger. Niger lantik presiden baru, Mohamed Bazoum, dalam transisi kekuasaan demokratis pertama negara itu selama beberapa puluh tahun. (Sumber: Wikipedia)

Saingan utamanya dalam pemilu, Mahamane Ousmane, telah menolak hasil pemilu dengan tuduhan penipuan. Pendukung Ousmane juga sudah menggelar demonstrasi massal.

“Saya akan menjadi Presiden Republik dalam perdamaian, kemajuan dan kebahagiaan rakyat Niger” dan benua Afrika, kata Bazoum.

Bazoum adalah penerus pilihan Issoufou dan menteri Kabinet lama yang berasal dari etnis minoritas Arab di Niger. Dia adalah mantan menteri dalam negeri di Niger dengan latar belakang pendidikan dan profesi sebagai seorang guru.

Namun, kekhawatiran meningkat bahwa pelantikan tersebut dapat memicu lebih banyak kekerasan di Niger.

Baca Juga: 58 Warga Sipil Niger Tewas Diserang Saat Pulang Berdagang dan Beberapa Lumbung Makanan Dibakar

Pembantaian terakhir menewaskan sedikitnya 137 orang terjadi pada hari yang sama saat pengadilan konstitusional menyatakan kemenangan Bazoum dalam pemilu.

Dan setidaknya 100 lainnya tewas di desa-desa dekat perbatasan pada hari Niger mengumumkan pemilihan presiden akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 21 Februari lalu.

Pada hari pelantikan, keamanan ketat di ibu kota, Niamey. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengucapkan selamat kepada presiden yang baru dilantik.

Pasar Besar di Niger. Niger lantik presiden baru, Mohamed Bazoum, dalam transisi kekuasaan demokratis pertama negara itu selama beberapa puluh tahun. (Sumber: Wikipedia)

“Amerika Serikat mengucapkan selamat kepada Presiden Niger Mohamed Bazoum atas pelantikannya, menandai perpindahan kekuasaan yang bersejarah dari satu presiden yang terpilih secara demokratis ke presiden berikutnya. Ini adalah tonggak penting bagi demokrasi Niger," menurut pernyataan itu.

“Kami menghargai hubungan yang kuat antara Amerika Serikat dan Niger dan berharap dapat bekerja sama dengan pemerintahan Presiden Bazoum untuk memperluas hubungan bilateral termasuk di bidang pembangunan, bantuan kemanusiaan, keamanan, dan perdagangan.”

AS juga tetap prihatin dengan pecahnya kekerasan baru-baru ini di ibu kota, dan mengutuk "setiap upaya untuk melemahkan pemerintah yang dipilih secara demokratis di Niger," menurut pernyataan itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x