Kompas TV internasional kompas dunia

Finlandia Tetap Jadi Negara Paling Bahagia Meski di Tengah Pandemi

Kompas.tv - 21 Maret 2021, 14:26 WIB
finlandia-tetap-jadi-negara-paling-bahagia-meski-di-tengah-pandemi
Helsinki, Finlandia (Sumber: Pixabay/Anastasia Borisova)
Penulis : Gempita Surya | Editor : Fadhilah

FINLANDIA, KOMPAS.TV - Finlandia berhasil mempertahankan posisinya di peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia. Raihan peringkat tersebut berada dalam Laporan Indeks Kebahagiaan 2021 yang dirilis PBB, Jumat (19/3/2021).

Melewati pandemi Covid-19 di tahun 2020 menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat di seluruh dunia. Namun laporan dari PBB tersebut menunjukkan tingkat kepuasan warga dunia atas hidup dalam jangka panjang tidak terlalu terpengaruh oleh pandemi.

Baca Juga: Waduh, PBB Tegaskan Covid-19 Bisa Jadi Penyakit Musiman

Tahun ini jadi tahun keempat Finlandia mendapatkan predikat tersebut. Pencapaian ini dipengaruhi oleh berbagai faktor kunci yang membuat masyarakat Finlandia tetap merasa bahagia meski di tengah pandemi.

Salah satunya adalah kepercayaan masyarakat terhadap satu sama lain dan pemerintah, jadi faktor kunci yang menghubungkan kebahagiaan dengan suksesnya strategi penanganan pandemi Covid-19.

Baca Juga: Setengah dari Seluruh Orang Dewasa di Inggris Telah Terima Dosis Pertama Vaksin Covid-19

Masyarakat dengan kepercayaan yang lebih tinggi pada pemerintah dan kesetaraan pendapatan yang lebih besar, terbukti lebih berhasil dalam menghadapi pandemi.

Sejauh ini Finlandia dipandang sukses tangani covid-19 dengan lebih baik dibandingkan kebanyakan negara. Angka kematian akibat Covid-19 di Finlandia berhasil ditekan di bawah 150 per 1 juta orang.

Selain itu, rumah sakit juga belum kewalahan menghadapi pasien Covid-19 meski tanpa adanya lockdown atau pembatasan yang mengurangi nilai kepuasan hidup warganya.

Baca Juga: Analisis WHO Soal Adanya Penggumpalan Darah Usai Vaksinasi AstraZeneca di Eropa

Dipuncaki negara-negara di Eropa

Peringkat dalam Laporan Indeks Kebahagiaan 2021 ditentukan berdasarkan produk domestik bruto per orang, harapan hidup sehat, dan pendapat penduduk.

Survei dilakukan kepada sejumlah responden dari kurang lebih 100 negara dengan pertanyaan yang mencakup beberapa faktor, yaitu:

  • Dukungan sosial yang diterima jika terjadi masalah
  • Kebebasan membuat pilihan hidup
  • Perasaan tentang tingkat korupsi di masyarakat
  • Kemurahan hati

Baca Juga: Survei Tingkat Kepercayaan Publik Soal Keamanan Vaksin Corona

Penilaian terhadap pertanyaan tersebut diisi dengan skala 1-10. Selain survei, penilaian untuk indeks kebahagiaan juga dihitung dari rata-rata nilai survei yang dilakukan Gallup selama tiga tahun terakhir (2018-2020).

Ada juga penilaian yang hanya berfokus di tahun 2020 untuk membantu memahami efek wabah secara subjektif, serta pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan metode penilaian tersebut, 9 dari 10 negara di Eropa menempati peringkat teratas dalam daftar negara paling bahagia di dunia.

Sepuluh negara paling bahagia dalam daftar Laporan Indeks Kebahagiaan 2021 adalah Finlandia, Denmark, Swiss, Islandia, Belanda, Norwegia, Swedia, Luksemburg, Selandia Baru, dan Austria.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x