Kompas TV internasional kompas dunia

Crazy Rich Arab! Keluarga Raja Salman Miliki Harta Kekayaan Rp20.000 Triliun

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 16:15 WIB
crazy-rich-arab-keluarga-raja-salman-miliki-harta-kekayaan-rp20-000-triliun
Penguasa Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. Keluarga Raja Salman memiliki harta kekayaan terbanyak di dunia. (Sumber: AP)
Penulis : Ahmad Zuhad

RIYADH, KOMPAS.TV - Raja Salman bin Abdul Aziz adalah adalah kepala keluarga Saud yang sangat berkuasa di Arab Saudi. Keluarga Saud memiliki harta melimpah hingga melampaui keluarga kerajaan lain di dunia.

Keluarga Raja Salman ini memiliki kekayaan sekitar US$ 1,4 triliun, dikutip dari. Dalam kurs Rp14.000, kekayaan keluarga Saud setara Rp19.600 triliun.

Baca Juga: Milisi Houthi Lakukan Serangan Drone dan Rudal ke Fasilitas Minyak Arab Aramco, Tak Ada Korban

The Richest juga mencatat, kekayaan keluarga Raja Salman ini bahkan 16 kali lipat lebih banyak dari kekayaan milik keluarga kerajaan Inggris. Keluarga Ratu Elizabeth II itu memiliki harta sebesar US$88 miliar atau kira-kira Rp1.230 triliun.

Kerajaan Arab Saudi memang terkenal kaya. Ada sederet istana mewah dan megah milik Raja Salman dan para pangeran Arab. Raja Salman sendiri memiliki sedikitnya empat istana megah.

Istana pertama adalah Istana Riyadh yang berfungsi juga sebagai markas kerajaan. Lampu gantung indah dan dekorasi emas mewarnai kamar-kamar di dalamnya. Lalu, ada Istana Murabba dengan 32 kamar dan sekurangnya 7 halaman.

Baca Juga: Politisi AS Minta Biden Beri Hukuman kepada Putra Mahkota Arab Saudi atas Pembunuhan Khashoggi

Istana selanjutnya bernama Istana Al Yamama. Istana yang memiliki 400 kamar ini terletak di barat Kota Riyadh. Kemudian, ada Istana Erga dengan ukiran unik dan mozaik yang menakjubkan di langit-langitnya.

Pangeran Mohammad bin Salman, pemegang kekuasaan de facto Arab Saudi saat ini, juga memiliki kekayaan melimpah. Ia memiliki sederet istana megah, salah satunya istana chateau Perancis bernilai setara Rp4,2 miliar.

Pangeran Mohammad juga mempunyai yacht senilai Rp7 miliar dan sebuah lukisan buatan Leonardo da Vinci seharga Rp6,3 miliar.

Selain itu, ada pula Pangeran Alwaleed bin Talal Al Saud, keponakan Raja Salman. Sebagai individu, Pangeran Alwaleed adalah orang terkaya di Arab Saudi berkat bisnis properti mewahnya. Ia menguasai kekayaan sebesar US$14,3 miliar atau lebih dari Rp200 triliun.

Baca Juga: Pemerintah Tunggu Keputusan Arab Saudi Soal Ibadah Haji

Ia terkenal sebagai pemilik hotel-hotel termahal di dunia, antara lain Savoy Hotel di London dan Monte Carlo Grand Hotel di Monaco. Pangeran Alwaleed juga memiliki setidaknya 3 istana di Arab Saudi.

Kekayaan keluarga Saud ini utamanya berasal dari bisnis minyak. Keluarga Raja Salman menguasai perusahaan minyak Saudi Aramco. Mengutip TRT World, Aramco saat ini adalah perusahaan paling berharga di seluruh dunia.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x