Kompas TV internasional kompas dunia

Melalui Virtual, Naruhito Bicara Soal Pandemi Corona, Bencana Alam & Internal Keluarga Kaisar

Kompas.tv - 24 Februari 2021, 18:11 WIB
melalui-virtual-naruhito-bicara-soal-pandemi-corona-bencana-alam-internal-keluarga-kaisar
Kaisar Jepang Naruhito berulang tahun ke-61. (Sumber: AFP via Kompas.com)

TOKYO, KOMPAS.TV - Kaisar Jepang Naruhito, pada peringatan ulang tahunnya yang ke-61 pada Selasa (23/2/2021) menyatakan apresiasinya atas kekuatan rakyat Jepang dalam menghadapi pandemi Virus Corona.

Kaisar juga menyampaikan penghargaan kepada para profesional tenaga medis yang telah bekerja keras melalui itu.

Dikutip dari Kyodo News, dalam kesempatan itu Kaisar Naruhito juga menyampaikan belasungkawa atas banyaknya kerugian yang diderita dalam setahun terakhir sebagai dampak dari pandemi Corona.

Ia mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Termasuk segala kesulitan dan stres yang dihadapi masyarakat yang ditimbulkan oleh pandemi Corona.

“Saya menanti masa depan cerah setelah masyarakat mengatasi pandemi Virus Corona dengan sabar dengan bekerja sama satu sama lain,” ujarnya saat jumpa pers di Tokyo.

Bersama Permaisuri Masako (57), Kaisar Naruhito melakukan komunikasi dengan petugas kesehatan, ahli kesehatan, korban bencana alam, orang lanjut usia dan orang cacat secara online. Kaisar dalam kesempatan itu juga mendorong untuk saling mendukung satu sama lain di tengah pandemi Virus Corona.

Kaisar menyatakan harapannya dapat mengunjungi wilayah timur laut Tohoku Jepang, pada 11 Maret mendatang untuk memperingati 10 tahun gempa bumi besar disertai tsunami dan bencana nuklir 2011 lalu.

Dalam bencana itu telah menewaskan sekitar 16.000 orang dan menyebabkan sekitar 2.500 orang tidak ditemukan. Para korban sebagian besar berada di prefektur Fukushima, Iwate dan Miyagi.

"Jika saya punya kesempatan, saya berharap bisa mengunjungi daerah yang terkena dampak (bencana besar) 10 tahun lalu. Saya merasa luka orang yang terkena bencana belum sembuh," lanjut Kaisar Naruhito.

Baca Juga: Pusat Gempa Fukushima Jepang Dekat Lokasi Tsunami 10 Tahun Lalu

Gempa kuat yang melanda Jepang bagian timur laut pada Sabtu (13/2/2021) menurut Kaisar, Jepang perlu memikirkan Gempa Bumi Besar Jepang Timur sebagai bagian dari masa kini dan bukan hanya masa lalu.

Dalam konferensi pers itu, Kaisar Naruhito juga menyuarakan keprihatinan tentang meningkatnya kasus kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan anak selama rentang tahun 2020. Termasuk pula adanya peningkatan angka bunuh diri di kalangan wanita dan orang muda akibat pandemi Virus Corona.

Internal Keluarga Kaisar



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x