Kompas TV internasional kompas dunia

Wahana Penjelajah NASA, Perseverance, Mendarat di Mars Bulan Depan

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 06:05 WIB
wahana-penjelajah-nasa-perseverance-mendarat-di-mars-bulan-depan
Perseverance, wahana penjelajah Mars 2020 milik badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, saat ini semakin mendekati Mars dengan kecepatan 2,5 kilometer per detik, dan dijadwalkan mendarat di Planet Merah itu pada 18 Februari mendatang, menurut rilis NASA pada Rabu (27/01/2021) (Sumber: NASA)
Penulis : Edwin Shri Bimo

WASHINGTON, KOMPAS.TV -  Perseverance, wahana penjelajah Mars 2020 milik badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, saat ini semakin mendekati planet Mars dengan kecepatan 2,5 kilometer per detik, dan dijadwalkan mendarat di Planet Merah itu pada 18 Februari mendatang, menurut rilis NASA pada Rabu (27/01/2021) seperti dilansir Xinhua.

Wahana ruang angkasa tersebut memiliki sisa jarak perjalanan sekitar 41,2 juta kilometer dari total 470,8 juta kilometer. Begitu tiba di atas atmosfer Mars, tujuh menit pendaratan yang mendebarkan menanti.

Setelah mendarat di planet Mars, wahana itu, yang merupakan robot geologi enam roda terbesar, terberat, terbersih, dan tercanggih yang pernah diluncurkan ke luar angkasa, akan mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu di Kawah Jezero dan mengumpulkan sampel yang nantinya akan dibawa ke Bumi, kata pihak NASA.

Baca Juga: NASA Siapkan Astronot Perempuan Pertama yang Akan Menginjakkan Kaki di Bulan

"Peralatan sains canggih Perseverance tidak hanya akan membantu dalam mencari kehidupan mikroskopis masa lalu, tetapi juga memperluas pengetahuan kita tentang geologi serta masa lalu, sekarang, dan masa depan Mars," ujar Ken Farley, ilmuwan proyek untuk misi Mars 2020.

Wahana penjelajah tersebut diluncurkan pada 30 Juli 2020 dari Kompleks Peluncuran Antariksa 41 di Pangkalan Angkatan Udara Tanjung Canaveral di Negara Bagian Florida, AS.

Perseverance merupakan wahana penjelajah pertama yang akan membawa sistem cache sampel ke Mars yang akan mengumpulkan sampel-sampel menjanjikan secara ilmu pengetahuan untuk dibawa ke Bumi dengan sebuah misi di masa depan. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x