Kompas TV internasional kompas dunia

Brazil: Vaksin Covid-19 Sinovac 78% Efektif, Saat Ini Tunggu Izin Penggunaan Darurat

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 00:58 WIB
brazil-vaksin-covid-19-sinovac-78-efektif-saat-ini-tunggu-izin-penggunaan-darurat
Vaksin CoronaVac buatan Sinovac, China. Pemerintah negara bagian Sao Paulo Brasil memastikan uji coba tahap akhir vaksin Covid-19 Sinovac Biotech bernama CoronaVac menunjukkan kemanjuran 78%, menurut pernyataan Gubernur João Doria dalam konferensi pers Kamis 7 Desember 2021 (Sumber: AFP/Nicolas Asfouri via Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SAO PAULO, KOMPAS TV - Pemerintah negara bagian Sao Paulo Brasil memastikan uji coba tahap akhir vaksin Covid-19 Sinovac Biotech bernama CoronaVac menunjukkan kemanjuran 78%, menurut pernyataan Gubernur João Doria dalam konferensi pers seperti dilaporkan Reuters pada Kamis (07/01/2021).

Doria juga mengatakan lembaga biomedis yang dikelola negara bagian Sao Paulo, yaitu Institut Butantan telah mengajukan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization) dari Badan Pengawas Kesehatan Federal Brazil Anvisa.

Menurut pernyataan Gubernur Sao Paolo itu, vaksin CoronaVac menjamin perlindungan penuh (100 persen) dari kematian, infeksi parah, dan perawatan rumah sakit dari sukarelawan yang positif terinfeksi dan telah mendapat vaksinasi, seperti dilaporkan BBC Brazil pada Kamis (07/01/2021)

Baca Juga: MUI Kawal Uji Klinis Vaksin Sinovac, Ini Aspek yang Jadi Indikator Halal

Dua tahap uji klinis yang dilakukan di Brazil sebelumnya juga menunjukkan CoronaVac aman dan membangkitkan imun tubuh dari virus Covid-19

Awalnya pemerintah Sao Paulo berencana mengumumkan hasil kesimpulan sementara uji klinis tersebut pada 15 Desember lalu, namun memutuskan mereka dapat membuat analisa penuh tahap akhir dari hasil uji klinis (full analysis of the results), karena memiliki 170 sukarelawan yang positif terinfeksi Covid-19 yang menjadi peserta uji klinis, sehingga mereka menunda pengumuman tersebut ke bulan Januari ini.

170 orang peserta uji klinis yang positif terinfeksi Covid-19 adalah parameter yang ditetapkan dalam protokol penelitian, seperti dilaporkan BBC Brazil.

Baca Juga: Audit Rampung Hari Ini, Komisi Fatwa MUI Segera Sidang Halal Vaksin Sinovac

Berdasarkan hasil tersebut, Pemerintah Sao Paulo dan Institut Butantan mengajukan Izin Penggunaan Darurat vaksin CoronaVac buatan Sinovac pada hari ini juga, Kamis (07/01/2021) kepada Badan Pengawas Kesehatan Nasional Brazil Anvisa. Selain itu mereka juga akan mengajukan registrasi vaksin tersebut di Brazil.

Data yang mereka ajukan diperkirakan akan selesai dianalisa paling lama 10 hari setelah diajukan, demikian dilaporkan BBC Brazil.

Izin Penggunaan Darurat dari Anvisa sangat penting bagi pemerintah negara bagian Sao Paulo agar dapat melaksanakan vaksinasi massal yang rencananya dimulai 25 Januari nanti.

Baca Juga: Tim Uji Klinis: Vaksin Sinovac Aman, Efektivitas Belum Diketahui



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x