Kompas TV internasional kompas dunia

Amerika Serikat Laporkan Penemuan Pertama Virus Corona Varian Baru

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 14:42 WIB
amerika-serikat-laporkan-penemuan-pertama-virus-corona-varian-baru
Seorang perawat sedang menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang veteran perang Korea berusia 88 tahun di Kota Aurora, Colorado. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

COLORADO, KOMPAS.TV – Amerika Serikat melaporkan penemuan pertama virus corona varian baru di negara bagian Colorado. Varian ini sangat menular dan pertama kali ditemukan di Inggris.

Virus corona varian baru ini ditemukan pada seorang pria berusia 20-an dan dalam beberapa waktu belakangan tidak melakukan perjalanan. Saat ini ia telah berada dalam isolasi. Dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa (29/12/2020), Gubernur Colorado Jared Polis mengatakan, pasien yang terinfeksi berada di isolasi di Elbert County, dekat Kota Denver.

Baca Juga: Penelitian Pemerintah Inggris: Varian Baru Virus Covid-19 Tidak Sebabkan Sakit yang Lebih Parah

Seperti dikutip dari BBC, pejabat kesehatan negara mengatakan mereka sedang bekerja untuk mengidentifikasi kontak erat dengan penderita dan kasus potensial lain dari varian baru tersebut.

Colorado Politics melaporkan, ada dugaan penemuan kasus kedua dari varian baru ini di negara bagian Colorado. Menurut direktur kesehatan masyarakat untuk Elbert County Dwayne Smith, kedua orang pasien bekerja di komunitas Simla County Elbert. Namun tak satu pun dari mereka adalah penduduk di wilayah itu. Hal ini memperluas kemungkinan bahwa penyebaran virus corona varian baru telah menyebar ke seluruh negara bagian Colorado.

Baca Juga: Soal Varian baru Covid-19, WHO Belum Dapat Laporan Mutasi Covid-19 Ada di Indonesia

Virus corona varian baru ini jauh lebih mudah ditularkan daripada varian sebelumnya. Namun menurut para ahli, varian ini belum tentu lebih berbahaya daripada varian sebelumnya.

Pada pekan lalu, pejabat kesehatan AS mengatakan bahwa mereka yakin varian itu sudah beredar di negara Paman Sam. Saat ini, pihak berwenang sedang melakukan penyelidikan menyeluruh.

Kasus varian baru telah muncul di seluruh dunia. Dua infeksi pertama yang diketahui di benua Amerika Utara terungkap di Kanada pada akhir pekan lalu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x