Kompas TV nasional sapa indonesia

Soal Varian baru Covid-19, WHO Belum Dapat Laporan Mutasi Covid-19 Ada di Indonesia

Kompas.tv - 30 Desember 2020, 00:55 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Munculnya varian baru covid-19 yang pertama kali muncul di Inggris jadi tantangan baru dalam penanganan pandemi covid-19.

Virus jenis baru covid-19 dari Inggris ini mulai menyebar ke seluruh dunia.

Hingga 29 Desember 2020, sudah 19 negara melaporkan adanya varian baru covid-19, termasuk sejumlah negara terdekat dengan Indonesia seperti Malaysia dan Singapura.

Pemerintah Indonesia pun mengambil langkah responsif dengan memberlakukan larangan masuk bagi WNA dari seluruh negara ke Indonesia mulai 1 hingga 14 Januari 2021.

Kekhawatiran masuknya varian baru covid-19 diduga terdeteksi di wilayah Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melaporkan adanya kasus mutasi covid-19 di wilayahnya.

Pihak Pemprov Kalbar menyebut telah terjadi sejak Agustus lalu.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah mengirimkan 11 sampel hasil uji laboratorium ke Jakarta dan satu diantaranya diketahui mutasi virus covid-19.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut varian baru covid-19 yang tengah jadi kekhawatiran dunia bisa terdeteksi dengan tes PCR atau swab antigen.

Namun Menkes Budi Gunadi menyebut saat ini Pemerintah belum bisa memastikan apakah kemunculan varian baru covid-19 ini sudah masuk ke Indonesia.

Semua pihak patut mewaspadai varian baru covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap aktivitas karena sulit memastikan kapan pandemi akan berakhir. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x