Kompas TV internasional kompas dunia

Vaksin Virus Corona Tiba Untuk Pertama Kalinya di Kanada

Kompas.tv - 14 Desember 2020, 09:59 WIB
vaksin-virus-corona-tiba-untuk-pertama-kalinya-di-kanada
Vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

TORONTO, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyatakan, pengiriman perdana vaksin Covid-19 telah tiba di Kanada, Minggu (13/12/2020) waktu setempat. Trudeau mengunggah foto vaksin yang tengah diambil dari pesawat, dalam akun Twitternya.

Pada Rabu lalu, regulator kesehatan di Kanada telah menyetujui vaksin yang dibuat oleh perusahaan Amerika Serikat (AS) Pfizer dan perusahaan Jerman BioNTech.

Baca Juga: Propinsi Ontario Menjadi yang Pertama Mendapat Vaksin Covid-19 di Kanada

Pemerintah Kanada baru-baru ini mengubah kontraknya dengan Pfizer, sehingga akan memberikan hingga 249.000 dosis pada bulan ini.

Trudeau mengatakan hal tersebut merupakan kabar baik, tetapi dia mendesak warga Kanada untuk terus memakai masker, menghindari pertemuan. Selain itu, ia juga meminta masyarakat mengunduh aplikasi pemerintah, yang berfungsi untuk memberi tahu pengguna jika mereka telah melakukan kontak dengan orang-orang yang dites positif Covid-19.

Baca Juga: Otoritas Kesehatan Kanada Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Besutan Pfizer

Rencananya, pemberian vaksin di Kanada akan dimulai dari Propinsi Ontario, yang merupakan provinsi dengan jumlah populasi terbanyak di Kanada. Rumah sakit di kota Toronto dan Ottawa, akan memulai pemberian vaksin pada Selasa mendatang. Pekerja kesehatan dan orang-orang yang merupakan kelompok rentan tertular, akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin.

Dr. Howard Njoo, wakil ketua otoritas kesehatan Kanada mengatakan, mereka berencana mendistribusikan pengiriman pertama vaksin Covid-19 ke 14 lokasi di seluruh Kanada minggu depan.

“Kami punya alasan untuk merasa optimis dan bergairah untuk kembali ke kehidupan seperti sebelum Covid,” tutur Njoo.

Lebih lanjut Njoo mengatakan,”Kami menanti vaksin untuk 3 juta warga Kanada antara Januari hingga Maret, dengan pasokan akan dipenuhi untuk sepanjang tahun 2021.”



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x