Kompas TV internasional kompas dunia

Propinsi Ontario Menjadi yang Pertama Mendapat Vaksin Covid-19 di Kanada

Kompas.tv - 11 Desember 2020, 05:02 WIB
propinsi-ontario-menjadi-yang-pertama-mendapat-vaksin-covid-19-di-kanada
Premier Propinsi Ontario Doug Ford, bersama Menteri Kesehatan Ontario Christine Elliot, memeriksa penyimpanan vaksin Covid-19 di Toronto, Selasa, 8 Desember 2020. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

TORONTO, KOMPAS.TV — Propinsi Ontario, yang merupakan provinsi dengan jumlah populasi terbanyak di Kanada, akan menandai dimulainya vaksinasi massal Covid-19 di negara tersebut. Rumah sakit di kota Toronto dan Ottawa, akan memulai pemberian vaksin pada Selasa mendatang.

Premier Provinsi Ontario, Doug Ford, mengatakan, vaksin dalam jumlah kecil diharapkan akan tiba di Propinsi Ontario dalam beberapa hari mendatang.

Sebelumnya regulator kesehatan Kanada telah mengesahkan vaksin untuk digunakan di negara tersebut pada Rabu (9/12/2020) lalu. Negara ini menggunakan vaksin yang dibuat oleh perusahaan Pfizer dan BioNTech. Ford mengatakan, pekerja kesehatan dan orang-orang yang merupakan kelompok rentan tertular Covid-19, akan diprioritaskan untuk mendapatkan vaksin.

Kanada akan menerima 249,000 dosis vaksin bulan ini, dan otoritas kesehatan berencana memulai vaksinasi sebanyak 30,000 dosis pada minggu depan setelah pengiriman pertama tiba dari Belgia.

Baca Juga: Otoritas Kesehatan Kanada Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Besutan Pfizer

Health Canada menyatakan, vaksin Pfizer ini akan digunakan untuk mereka yang berusia 16 tahun atau lebih, namun mencatat bahwa pembuatnya, Pfizer dan BioNTech saat ini sedang menjalankan uji klinis kepada semua kelompok umur, termasuk anak-anak.

Kanada baru-baru ini memperbaiki kontrak dengan Pfizer untuk dapat mendatangkan 249,000 dosis vaksin bulan ini. Hal itu berarti sekitar 124,500 warga Kanada yang memiliki resiko paling tinggi tertular virus Covid-19 akan segera mendapat vaksinasi suntikan pertama.

Pfizer dan BioNTech mengatakan akan memasok paling sedikit 20 juta dosis untuk Kanada selama 2021 hingga mencapai angka 76 juta dosis.

Kanada memiliki kontrak dengan enam pembuat vaksin dan saat ini sedang mengkaji tiga vaksin lain, termasuk vaksin buatan Moderna, yang menurut pejabat kesehatan Kanada tidak lama lagi akan mendapat persetujuan.

Dr. Howard Njoo, wakil ketua otoritas kesehatan Kanada mengatakan, mereka berencana mendistribusikan pengiriman pertama vaksin Covid-19 ke 14 lokasi di seluruh Kanada minggu depan.

Baca Juga: Polemik Vaksin Covid-19: Senjangnya Ketersediaan Vaksin Antara Negara Kaya dan Negara Miskin

“Kami punya alasan untuk merasa optimis dan bergairah untuk kembali ke kehidupan seperti sebelum Covid,” tutur Njoo.

Lebih lanjut Njoo mengatakan,”Kami menanti vaksin untuk 3 juta warga Kanada antara Januari hingga Maret, dengan pasokan akan dipenuhi untuk sepanjang tahun 2021,”

Pemerintah Kanada mengatakan, 14 pusat distribusi awalnya akan terpusat di kota besar, namun secara bertahap, vaksin akan didistribusikan di semua propinsi, dengan dua propinsi terbesar Kanada masing-masing akan memiliki dua pusat distribusi vaksin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x