Kompas TV internasional kompas dunia

Terus Menanjak, AS Tembus 11 Juta Kasus Virus Corona

Kompas.tv - 16 November 2020, 08:18 WIB
terus-menanjak-as-tembus-11-juta-kasus-virus-corona
Gubernur Washington Jay Inslee dan istri, Trudi Inslee, berada di kantornya ketika melakukan persiapan sebelum membuat pernyataan pers tentang Covid-19. Lebih dari 11 juta kasus virus korona kini telah dilaporkan di Amerika Serikat (AS). Satu juta kasus terbaru di AS, didapatkan hanya dalam waktu kurang dari satu minggu. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

BALTIMORE, KOMPAS.TV - Lebih dari 11 juta kasus virus korona kini telah dilaporkan di Amerika Serikat (AS). Satu juta kasus terbaru di AS, didapatkan hanya dalam waktu kurang dari satu minggu.

Menurut penghitungan virus corona di Universitas John Hopkins, AS mencapai 11 juta kasus Covid-19 pada Minggu (15/11/2020). Sebelumnya, AS melampaui angka 10 juta kasus pada 9 November lalu.

Butuh waktu 300 hari bagi AS untuk mencapai angka 11 juta sejak kasus pertama didiagnosis di negara bagian Washington pada 20 Januari.

Baca Juga: Washington Berlakukan Pembatasan Sosial Baru

Kini Covid-19 menyebar lebih cepat di seluruh AS, bahkan lebih cepat dibandingkan puncak pandemi pada April lalu. Kematian juga meningkat, meski tidak mencapai rekor tertinggi seperti yang dicapai pada musim semi lalu.

Berdasarkan data dari John Hopkins, Covid-19 kini telah menewaskan lebih dari 246.000 orang di AS.

Berdasarkan analisis Reuters, Texas dan California telah melaporkan jumlah infeksi Covid-19 tertinggi di seluruh AS, dengan menyumbang sekitar 2,1 juta kasus atau sekitar 19% dari total kasus sejak pandemi dimulai.

Pasien rawat inap terkait Covid-19 pun terus meningkat, hingga melampaui 69.000 orang pada hari Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga: PM Inggris Boris Johnson Melakukan Isolasi Mandiri

Penasihat Utama Presiden terpilih AS Joe Biden telah menekankan perlunya mengendalikan pandemi. Ia memperingatkan bahwa sistem perawatan kesehatan lokal berada pada titik kritis.

Midwest tetap menjadi wilayah yang paling terpukul berdasarkan kasus per kapita terbanyak. dengan North Dakota, South Dakota, Wisconsin, Iowa dan Nebraska sebagai lima negara bagian AS yang paling parah terkena dampak.

Hingga kini, AS masih berada di peringkat satu dunia untuk kasus Covid-19 yang terkonfirmasi. Di seluruh dunia, sudah terdapat lebih dari 54 juta kasus virus corona yang dilaporkan, dengan lebih dari 1,3 juta kematian.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x