Kompas TV internasional kompas dunia

Suami Wapres AS Mundur dari Pekerjaannya Untuk Fokus Dampingi Sang Istri

Kompas.tv - 11 November 2020, 02:20 WIB
suami-wapres-as-mundur-dari-pekerjaannya-untuk-fokus-dampingi-sang-istri
Doug Emhoff, suami Wapres AS terpilih Kamala Harris, saat berbicara dalam kampanye Biden - Harris di Philadelphia, Senin (2/11) lalu. (Sumber: AP Photo / Michael Perez)
Penulis : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Suami Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) terpilih Kamala Harris, Doug Emhoff, akan meninggalkan pekerjaannya sebagai mitra sebuah firma hukum kondang untuk fokus pada perannya dalam pemerintahan Biden yang baru.

Baca Juga: Deretan Selebriti Hollywood Pendukung Joe Biden-Kamala Harris

Juru bicara kampanye menyebutkan, Emhoff akan mengundurkan diri dari kantornya, DLA Piper paling lambat pada hari pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris sebagai presiden dan wapres AS terpilih pada 20 Januari 2021. Emhoff sendiri telah mengambil cuti dari kantornya sejak Agustus 2020, saat Harris sang istri ditunjuk Biden untuk mendampinginya pada pilpres AS.

Baca Juga: Kamala Harris, Perempuan Kulit Hitam dan Asia Selatan Pertama yang Jadi Wapres AS

Meskipun Emhoff bukan seorang pelobi, kantor firma hukum tempatnya bekerja telah melobi pemerintah federal atas nama sejumlah klien perusahaan. Para ahli etika menyatakan, koneksi ini bisa menimbulkan konflik kepentingan di tengah upaya pemerintahan Biden mengembalikan kepercayaan dan etika di tubuh pemerintahan AS usai masa kepresidenan Presiden Donald Trump yang banyak menabrak norma yang berlaku.  

Doug Emhoff bersama sang istri, Kamala Harris. (Sumber: AP Photo / Patrick Semansky)

Baca Juga: Keluarga Kamala Harris di India Berencana Menghadiri Pelantikan Presiden di Amerika Serikat

Emhoff bekerja sama dengan tim transisi untuk menentukan isu-isu yang akan ditanganinya sebagai pasangan wapres AS. Emhoff merupakan laki-laki pertama yang memegang peran ini, karena Harris sang istri terpilih sebagai wapres perempuan pertama di AS.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x