Kompas TV internasional kompas dunia

Dubes Sung Kim: Pilpres Kesempatan WN AS Untuk Merayakan Demokrasi

Kompas.tv - 4 November 2020, 23:15 WIB
dubes-sung-kim-pilpres-kesempatan-wn-as-untuk-merayakan-demokrasi
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan lawannya di pemilu 2020, mantan Wakil Presiden Joe Biden. (Sumber: AFP via Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot

KOMPAS.TV – Duta Besar baru Amerika Serikat untuk Republik Indonesia, Sung Kim menyatakan Pilpres AS 2020 merupakan kesempatan bagi semua warga negara AS untuk merayakan demokrasi.

Meski hasil perhintungan suara belum, Kementerian Luar Negeri AS tetap bergabung dengan jutaan orang di Amerika Serikat maupun di seluruh dunia menyadari arti penting momen Pilpres AS 2020 dan turut serta merayakannya.

“Di tengah-tengah pandemi, sejumlah besar warga negara AS secara historis telah menjalankan hak dan kewajiban mereka dalam mengisi surat suara,” tulis keterangan pers Kedubes AS, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga: Dunia Menanti Gelisah Hasil Penghitungan Suara Pilpres AS

Senada dengan Sung Kim, Dubes AS untuk Korea Selatan Harry Harris menyatakan apresiasi besar terhadap demokrasi dalam Pilpres AS 2020.

Harry Harris meyakini pemimpin AS yang baru akan menghargai aliansi bilateral dengan Korea Selatan dan siap untuk bekerja sama agar tetap kuat.

“Tidak peduli bagaimana hasil pemilu keluar, saya yakin para pemimpin kita akan menghargai aliansi Korsel-AS," Tulis Harris dalam akun twitter Kedubes AS di Korsel.

Hasil penghitungan suara pemilihan presiden AS, antara Donald Trump dan Joe Biden, menunjukkan persaingan sengit di sejumlah negara bagian kunci kemenangan masing-masing kandidat.

Baca Juga: Donald Trump Klaim Kemenangan di Pilpres AS

Namun hasil diperkirakan akan ditentukan oleh puluhan juta suara lewat pos yang belum dihitung.

Dikutip dari Kompas.com, sejauh ini menunjukkan hasil sangat ketat di negara bagian penting, Arizona, Georgia, Wisconsin, Michigan dan Pennsylvania.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x