Kompas TV genbest kesehatan dan sanitasi

Merencanakan Kehamilan? Pengantin Baru Wajib Tahu 7 Penyakit dan Kondisi yang Perlu Diwaspadai

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 17:00 WIB
merencanakan-kehamilan-pengantin-baru-wajib-tahu-7-penyakit-dan-kondisi-yang-perlu-diwaspadai
Penyakit seperti diabetes, kekurangan gizi, obesitas, sifilis, dan TORCH patut diwaspadai jika Anda ingin segera hamil (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Memiliki momongan merupakan salah satu hal yang diinginkan pasangan suami istri (pasutri) baru. Tidak heran kalau banyak pasutri muda yang melakukan konsultasi ke dokter agar segera mendapatkan anak.

Saat merencanakan kehamilan sehat, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya adalah mempertimbangkan kesehatan fisik diri sendiri dan pasangan.

Kesehatan fisik pasutri menjadi pertimbangan penting, karena ada beberapa penyakit yang wajib diwaspadai saat merencanakan kehamilan.

Lalu apa saja penyakit dan kondisi yang harus diwaspadai jika ingin segera punya anak?

 

Penyakit dan Kondisi yang Perlu Diwaspadai saat Merencanakan Kehamilan

1. Anemia

Anemia adalah kondisi saat hemoglobin di dalam darah kurang dari 12 g/dL bagi perempuan dan 14  g/dL bagi laki-laki. Anemia akan membuat pertumbuhan janin terhambat, bayi berat lahir rendah (BBLR), kelahiran prematur, dan bayi berisiko stunting.

Jika Anda menderita anemia dan merencanakan kehamilan, sebaiknya mengonsumsi tablet tambah darah (TTD) sebanyak 1 tablet per minggu sebelum hamil, menjaga pola makan dengan memilih makanan bergizi seimbang.

 

2. Diabetes Melitus

Penyakit diabetes melitus ditandai dengan kadar gula dalam darah yang lebih dari 126 mg/dL. Wanita yang mengidap diabetes dan sedang hamil berisiko melahirkan bayi dengan berat badan di atas normal, mengalami komplikasi persalinan, prematur, dan meningkatkan risiko kematian ibu dan bayi.

Bagi penderita diabetes yang ingin merencanakan kehamilan, disarankan menjaga kadar gula darah dan berkonsultasi dengan dokter untuk manajemen kesehatan yang tepat.

 

3. Hipertensi

Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan istilah darah tinggi merupakan kondisi yang banyak diderita di Indonesia. Ibu hamil dengan hipertensi akan meningkatkan risiko preeklamsia, eklamsia, serta kematian bagi ibu dan janin.

Untuk penderita hipertensi dan sedang merencanakan kehamilan, gunakanlah tips PATUH, yaitu:

  • P = Periksa kesehatan secara rutin dan ikuti anjuran dokter
  • A = Atasi penyakit dengan pengobatan yang tepat dan teratur
  • T = Tetap diet dengan gizi seimbang
  • U = Upayakan aktivitas fisik dengan aman
  • H = Hindari asap rokok, alkohol, dan zat karsinogenik


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x