Kompas TV genbest kesehatan dan sanitasi

Ingin Lekas Pulih Setelah Melahirkan? Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini!

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 13:15 WIB
ingin-lekas-pulih-setelah-melahirkan-coba-konsumsi-makanan-dan-minuman-ini
Ilustrasi ibu yang baru melahirkan. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Proses kehamilan dan persalinan tentunya akan menguras banyak tenaga bagi para ibu. Apalagi, setelah melahirkan Bunda akan menyusui dan mengasuh si kecil sehingga pemulihan tubuh sangat penting.

Salah satu cara untuk mempercepat proses pemulihan tubuh pasca melahirkan adalah mengonsumsi makanan dan minuman bergizi seimbang.

Menurut dokter gizi medik dr. Dyah Arum K, M. Gizi, makanan dengan gizi seimbang pasca melahirkan dapat menjaga keseimbangan hormon dan memberikan tenaga yang diperlukan dalam proses menyusui. 

Bunda tidak perlu khawatir biaya belanja sehari-hari membengkak. Saat ini ada berbagai jenis makanan dan minuman dengan  harga terjangkau yang dapat membantu proses pemulihan pasca melahirkan. 

 

Rekomendasi Makanan dan Minuman Pasca Melahirkan

 

1. Makanan tinggi protein

Ibu yang baru melahirkan dan sedang menyusui disarankan rutin mengonsumsi makanan kaya protein dan rendah lemak. Anda dapat mempertimbangkan daging sapi tanpa lemak, daging unggas, ikan laut segar, tahu, serta tempe. 

Usahakan untuk mengonsumsi protein nabati dan hewani secara seimbang. Asupan protein sangat penting karena akan mengganti sel tubuh yang rusak, membantu pembentukan jaringan, dan memelihara jaringan di dalam tubuh.

2. Makanan yang termasuk karbohidrat kompleks

Sebagai sumber energi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, tubuh Bunda tentunya juga memerlukan karbohidrat. Apalagi, saat ini Bunda harus menyusui si kecil sehingga mungkin Anda lebih cepat merasa lapar.

Bunda disarankan memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan umbi-umbian. Nutrisi dalam karbohidrat kompleks akan membantu menjaga massa otot, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu mengendalikan berat badan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x