Kompas TV genbest nutrisi

Yuk, Mulai Ajarkan si Kecil 5 Cara Memilih Jajan Sehat di Sekolah!

Kompas.tv - 22 November 2023, 11:56 WIB
yuk-mulai-ajarkan-si-kecil-5-cara-memilih-jajan-sehat-di-sekolah
Ilustrasi dua anak yang membawa bekal dari rumah ke sekolah. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Orang tua memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan anak, termasuk memilih dan menyediakan makanan sehat.

Untuk mencegah si kecil jajan sembarangan di sekolah, Ayah dan Bunda dapat membawakan bekal tiap hari. 

Namun, tak jarang padatnya aktivitas lain membuat sejumlah orang tua tidak sempat menyiapkan bekal makanan. Alternatifnya, para orang tua pun memberikan uang saku agar anak bisa membeli makanan sendiri di sekolah. 

Namun, keputusan memberikan uang saku kepada anak terutama untuk jajan memerlukan pertimbangan matang. Pasalnya, saat orang tua tidak sepenuhnya mengawasi di sekolah, anak bisa saja mengonsumsi sejumlah jajanan dengan kandungan yang tidak sehat. 

Dikutip dari Hello Sehat, menurut dr.  Andreas Wilson Setiawan, dampak jajan sembarangan berisiko menyebabkan anak mengalami berbagai masalah kesehatan seperti diare, demam, karies gigi, radang tenggorokan, hingga masalah berat badan.

Agar si kecil tetap terlindungi dari dampak buruk jajan sembarangan, Ayah dan Bunda bisa mengajarkan anak untuk memilih jajan sehat yang ada di lingkungan sekolah. Simak tips berikut ini, yuk!

 

Tips Mengajari Anak Memilih Jajan Sehat di Sekolah

1. Ajarkan anak untuk memilih jajanan yang bersih dan matang

Cobalah untuk membiasakan anak membeli panganan yang aman dikonsumsi. Artinya, jajanan tersebut bersih, sudah dimasak matang, serta tidak berbau tengik atau asam. 

Selain itu, ajarkan anak untuk memilih camilan yang dipajang, disimpan, dan disajikan dengan baik dan bersih oleh penjual.

Pastikan juga si kecil terbiasa memilih makanan dari lingkungan yang bersih, tidak ada lalat atau hewan lainnya, serta tidak dekat area berdebu dan sampah.  

2. Arahkan anak untuk memperhatikan penampilan dan rasa makanan

Berikan panduan kepada anak untuk menghindari makanan dan minuman dengan warna mencolok, rasa terlalu kuat, atau aroma yang menyengat. Jajanan dengan ciri seperti ini umumnya memiliki kadar pengawet, perasa, atau pewarna buatan yang cukup tinggi. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x