Kompas TV feature hobi

Mau Jadi Youtuber? Ini Perlengkapan yang Wajib Punya

Kompas.tv - 9 Juni 2020, 17:28 WIB
mau-jadi-youtuber-ini-perlengkapan-yang-wajib-punya
Suasana ruang kerja (Sumber: Novian Zainul Arifin)
Penulis : Alexander Wibisono

Jakarta, KOMPAS.TV - Profesi YouTuber sudah mulai diminati oleh sejumlah orang. Bukan hanya artis, semua orang bisa menjadi YouTuber. Pundi pundi rupiah yang didapat dari iklan di YouTube sungguh memikat. 

YouTube adalah tempat bagi orang melihat berbagai macam hal, seperti video gaming, memasak, tutorial, berbagi kepada orang lain, dsb. 

Untuk menjadi Youtuber membutuhkan peralatan penunjang, demi mendapatkan kualitas dan efektif dalam membuat konten. 

Apakah harus menggunakan peralatan yang ribet dan mahal? Jangan khawatir. Cukup bermodalkan handphone kita bisa menjadi YouTuber.

Berikut peralatan yang bisa dipakai untuk menjadi seorang Youtuber :

1.    Handphone
Jangan remehkan fungsi dari handphone. Untuk melakukan perekaman video menggunakan HP sudah bisa dilakukan dengan resolusi tinggi. Teknologi HP pada saat ini sudah bisa mencapai resolusi 4K. Jadi, siapkan HP dan atur menjadi resolusi tinggi untuk membuat konten. 

2.    Microphone
Sama halnya dengan HP, microphone juga memiliki peran penting bagi seorang YouTuber. Membuat video berkualitas tinggi, namun tidak diimbangi dengan audio yang baik akan membuat konten kita kurang diminati. 

Tidak harus menggunakan microphone yang besar. Cukup menggunakan clip on atau shotgun mic untuk mendapatkan kualitas audio yang ciamik. 

3.    Tripod
Tripod biasa digunakan untuk menyangga kamera agar tidak bergoyang. Selain tripod, kita bisa menggunakan stabilizer untuk HP yang berfungsi mengurangi gerakan berlebihan pada konten kalian. 


4.    Lighting 
Lighting atau lampu penerang juga menjadi kebutuhan pelengkap untuk menjadi seorang YouTuber. Selain untuk penerang, lighting bisa memberikan kesan dimensi yang membuat video di YouTube Channel kita semakin dilirik penonton.

5.    Laptop atau Komputer

Komputer atau laptop pasti jelas dibutuhkan apabila kamu ingin menjadi seorang YouTuber. Komputer atau laptop biasanya digunakan ketika kamu ingin melakukan penyuntingan video atau audio dari konten yang sudah dibuat. 

6.    Software Editing
Untuk keperluan penyuntingan video atau audio, kita memiliki banyak pilihan software editing. Tidak sekadar untuk menyunting video, software tersebut juga bisa digunakan untuk membuat grafis di thumbnail

Semakin menarik thumbnail yang dibuat, maka semakin besar peluang penonton untuk menonton video kita.

7.    Koneksi Internet
Koneksi internet penting untuk mengunggah dan menonton konten yang kita produksi di Youtube

Selamat mencoba..(Novian Zainul Arifin).
 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x