Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Supaya Tak Loyo, Ini 7 Tips Sehat Selama Puasa di Bulan Ramadan

Kompas.tv - 11 Maret 2023, 06:48 WIB
supaya-tak-loyo-ini-7-tips-sehat-selama-puasa-di-bulan-ramadan
Ilustrasi - Tips menjaga kesehatan saat bulan puasa.  (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

KOMPAS.TV – Bulan Ramadan adalah waktu bagi umat muslim berpuasa. Saat menjalankan puasa, tubuh membutuhkan nutrisi lebih untuk menjaga sistem kekebalan dan fungsi tubuh tetap terjaga.

Mengingat, saat puasa harus menahan berbagai hawa nafsu termasuk rasa lapar dan haus. Dengan kondisi demikian, tubuh kemungkinan tidak terhidrasi dengan baik juga kebutuhan vitamin tak terpenuhi.

 Untuk itu, panduan atau tips menjaga Kesehatan tubuh selama bulan Ramadan menjadi penting untuk diketahui dan diterapkan.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan agar puasa berjalan lancar yang drangkum dari Kontan.co.id dan situs Kementerian Kesehatan.

Tips jaga kesehatan tubuh selama puasa di bulan Ramadan:

1. Sahur dengan baik

Hindari melewatkan waktu makan, terutama sahur. Makan karbohidrat komplek saat sahur akan memberi energi yang tahan lama. Jika Anda tidak memiliki nafsu makan yang besar di pagi hari atau saat sahur, segelas susu, beberapa kacang dan kurma bisa jadi alternatif.

Selain itu, ingatlah untuk minum setidaknya dua hingga tiga gelas air sebelum mulai berpuasa untuk menghindari rasa dehidrasi selama jam-jam puasa.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa, Mulai dari Mengganti Sikat Gigi hingga Minum Air yang Cukup

 2. Makan pelan-pelan saat buka puasa

Makanlah dengan pelan-pelan saat berbuka puasa. Soalnya, perut dalam keadaan kosong dan akan kaget jika Anda makan terburu-buru.

Contohnya, Anda bisa mengonsumsi kurma, alpukat, atau berbagai jenis buah lain sebelum makan makanan berat.

Kemudian, makan jangan terlalu banyak di malam hari karena  akan menyebabkan obesitas.

3.  Hindari makanan pedas, manis, dan digoreng

Seringkali saat puasa dapat meningkatkan kadar keasaman lambung di perut yang menyebabkan rasa terbakar dan perut kembung. Hal tersebut bisa dihindari dengan mengonsumsi makanan kaya serat yang baik untuk kesehatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x