Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

12 Tips Mengeringkan Baju secara Cepat saat Musim Hujan, dengan atau Tanpa Mesin Cuci

Kompas.tv - 4 Januari 2023, 12:10 WIB
12-tips-mengeringkan-baju-secara-cepat-saat-musim-hujan-dengan-atau-tanpa-mesin-cuci
Foto ilustrasi mengeringkan cucian. Tips Mengeringkan Cucian Baju Saat Musim Hujan (Sumber: goodairgeeks.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Masalah yang banyak dialami saat musim hujan turun salah satunya adalah cucian baju yang tak kunjung kering. 

Mengingat, dalam kondisi seperti ini  sinar matahari juga jadi jarang muncul dan akhirnya kamu kesulitan untuk mengeringkan baju yang usai dicuci.

Alhasil, pakaian menjadi lembab terlalu lama dan kemungkinan jadi bau apek. Bikin pusing juga ya.

Lantas, bagaimanakah cara untuk mengeringkan baju secara cepat jika terus turun hujan?

Berikut ini, beberapa tips untuk mengeringkan baju selama musim hujan, dirangkum dari berbagai sumber.

Tips keringkan baju jadi cepat kering saat musim hujan:

1. Peras baju semaksimal mungkin

Jika kamu mencuci secara manual atau tanpa mesin cuci, peras baju yang basah hingga tak ada lagi yang menetes. Jangan langsung di taruh ke tali jemuran dalam keadaan masih sangat basah yang membuat baju kering lebih lama.

2. Gantung saja pakaianmu di dalam ruangan

Pilihan terbaik untuk mengeringkan pakaianmu selama musim hujan adalah membiarkannya mengering di dalam ruangan dengan ventilasi yang cukup. Kamu bisa menggunakan gantungan baju.

Letakkan baju yang ingin kamu keringkan di hanger dan gantung di tali jemuran atau gantungan baju. Penyebarannya lebih besar jika pakaian diikat ke gantungan, dan dengan cara ini, kamu akan melihat bahwa pakaian cenderung lebih cepat kering.

Baca Juga: Puncak Musim Hujan, BMKG Beri Peringatan Dini: 21 Wilayah Hari Ini akan Diguyur Hujan Lebat

3. Kelembaban rendah

Saat kamu mengeringkan pakaian di dalam ruangan, memerhatikan tingkat kelembaban di rumah harus benar-benar rendah. Jika tingkat kelembabannya tinggi, baju mungkin terkena semua bakteri dan jamur.

Cara terbaik untuk menjaga tingkat kelembapan ruangan tetap rendah adalah dengan meletakkan karung garam laut di sudut rumah. Tingkat kelembapan menjadi rendah dengan ini, dan baju dapat disimpan dari kelembapan.

4. Lakukan rotasi secara teratur

Periksa cucianmu untuk melihat seberapa baik pengeringannya. Jika satu bagian mengering lebih baik daripada yang lain, putar atau balik bagian lainnya agar bisa mengering.

Perhatikan area pakaian di lengan dan ketiak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering. Selain itu, hindari menumpuk baju saat menjemur.

5. Pilih ruangan yang berjendela

Penting untuk memastikan bahwa ruangan tempatmu mengeringkan pakaian memiliki ventilasi yang baik. Ini tidak hanya membantu mencegah lembap dan jamur, tetapi juga pakaianmu akan lebih cepat kering.

Jendela terbuka adalah cara terbaik untuk mengalirkan udara segar ke seluruh rumahmu, meskipun di luar hujan. Selain itu, ketika pagi hingga siang hari, jendela bisa dibuka untuk membiarkan angin masuk.

6. Jemur dengan tambahan kipas angin

Menghadapkan kipas angin ke pakaian yang agak basah atau lembap adalah salah satu cara cepat untuk mengeringkannya.



Sumber : Kompas TV/Berbagai sumber


BERITA LAINNYA



Close Ads x