Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Mengenal Glaukoma, Penyakit yang Diderita Almarhum Aminah Cendrakasih Bertahun-tahun

Kompas.tv - 22 Desember 2022, 14:51 WIB
mengenal-glaukoma-penyakit-yang-diderita-almarhum-aminah-cendrakasih-bertahun-tahun
Menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti sayur dan juga buah-buahan yang segar. (Sumber: Unsplash.com/Marc Schulte)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pemeran Mak Nyak di sinetron "Si Doel Anak Sekolahan" atau dikenal dengan nama asli Aminah Cendrakasih, meninggal dunia sekitar pukur 19.30 di kediamannya, Rabu (21/12/2022).

Sebelum meninggal, aktris terkenal itu dikabarkan mengidap penyakit Glaukoma bertahun-tahun yang membuat Mak Nyak mengalami kebutaan dan lumpuh.

Lalu apa itu Glaukoma?

Glaukoma menjadi salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai oleh setiap orang, karena biasanya tak menimbulkan gejala di awal.

Melansir National Health Service (NHS) penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan.

Glaukoma adalah kondisi mata dengan saraf optik yang menghubungkan mata ke otak terjadi kerusakan, biasanya disebabkan oleh cairan menumpuk di bagian depan mata, yang meningkatkan tekanan di dalam mata.

Penyakit ini dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tapi paling sering terjadi pada orang dewasa berusia 70-80 tahunan.

Biasanya seseorang yang mengalami glaukoma tidak merasakan gejala apa pun, tapi cenderung berkembang perlahan selama bertahun-tahun hingga memengaruhi penglihatan perifer terlebih dahulu.


 

Akibatnya, banyak orang yang tidak menyadari telah mengidap glaukoma, karena kondisi ini seringkali hanya terdeteksi selama melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

Gejala dari glaukoma meliputi penglihatan kabur atau melihat lingkaran berwarna pelangi di sekitar cahaya terang.

Baca Juga: Meninggal di Usia 84 Tahun, Ini Profil Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak di "Si Doel"



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x