Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Rekaman Citra Satelit Pergeseran Tanah Gempa Cianjur - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 10:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah rekaman video satelit yang diklaim sebagai tampilan rekaman citra satelit ramai menjadi pemberitaan.  Video tersebut menampilkan pergeseran permukaan tanah saat gempa bermagnitudo 5,6 di  Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Terlihat permukaan tanah yang dipenuhi permukiman dan sawah yang terlihat mengalami pergeseran sehingga menyapu bersih permukiman di sekitarnya. Namun setelah dicek kebenarannya, informasi mengenai video yang diklaim sebagai citra satelit akibat gempa bermagnitudo 5,6 yang terjadi di Cianjur adalah tidak benar atau hoaks.

Video yang beredar merupakan video lama dari fenomena likuefaksi tanah akibat gempa yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018 lalu. Video tersebut merupakan penampakan likuefaksi tanah di Kompleks Perumahan Petobo, Palu, Sulawesi Tengah. Pada video terlihat permukiman warga terseret lumpur pasca-gempa yang melanda wilayah tersebut.

Citra satelit tersebut bersumber dari Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) yang kemudian disiarkan oleh berbagai media, salah satunya Kompas TV pada 6 Oktober 2018 lalu. Jadi video yang diklaim sebagai video citra satelit gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 yang terjadi 21 November lalu adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x