Kompas TV feature news or hoax

Hoax Bambang Tri Mulyono Di Panggil Ke Istana - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 1 November 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar video dengan narasi yang menyatakan bahwa orang penggugat ijazah Presiden Joko Widodo atas tuduhan palsu Bambang Trimulyono, dipanggil secara mendadak ke istana kepresidenan. Video berdurasi 9 menit 18 detik menampilkan Bambang Triyang mengaku pernah dipanggil untuk bertemu Jokowi, dan pada thumbnail video terdapat gambar presiden Jokowi dan bambang tri.

Namun setelah dicek kebenarannya, video dan narasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Sampai saat ini belum ada konfirmasi kredibel bahwa Bambang Tridipanggil ke Istana, gambar thumbnail yang menampilkan Jokowi ataupun Bambang Trimerupakan hasil editan dari foto kompas dot com.

Bambang Trisaat ini ditahan di rutan bareskrim polri karena menjadi tersangka dugaan ujaran kebencian dan penistaan agama, dia ditahan bersama Sugik Nur Rahardja atau Gus Nur. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan laporan polisi pada 29 September 2022.

Keduanya dilaporkan karena menyebarkan ujaran kebencian dan penistaan agama lewat dua unggahan yang ada di akun youtube gusnur 13 official.

Mengenai tuduhan ijazah paslu yang dimiliki Presiden Jokowi, Staf Presiden Bidang Hukum Dini Purwono menyatakan Presiden Jokowi memiliki semua ijazah asli dan dapat dibuktikan dengan mudah. “kecuali penggugat mau mengatakan bahwa institusi yang mengeluarkan ijazah tersebut mengeluarkan dokumen palsu, kalau terkait hal ini kami serahkan kepada institusi yang bersangkutan melakukan klarifikasi” ujar Dini seperti yang dilansir dari kompas dot com.

Jadi video dengan narasi yang menyatakan bahwa orang penggugat ijazah Presiden Joko Widodo atas tuduhan palsu, Bambang Trimulyono dipanggil secara mendadak ke Istana Kepresidenan adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x