Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video WHO Nyatakan Pandemi Berakhir - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 12:05 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar video organisasi kesehatan dunia WHO diklaim telah mengakhiri status pandemi covid-19 pada 14 September lalu. Unggahan video tersebut disertai narasi WHO menyatakan akhir dari pandemi covid-19 per tanggal 14 September 2022. Kemenkes RI gak capek kah kalian? We fight together.

Pada narasi juga di sertai tautan berita laman Kompas.com yang berjudul, WHO sebut akhir pandemi covid-19 sudah di depan mata kapan status itu akan di cabut?

Namun setelah dicek video dan tautan terkait. Informasi yang tertera dengan narasi yang tertulis adalah informasi yang keliru atau hoaks. Pada video tidak ditemukan Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan pandemi telah berakhir 14 September 2022 lalu.

Pada video pernyataannya, Tedros menyatakan kita tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemic. Kita belum sampai di sana tapi akhir sudah di depan mata” ujar Tedros. Namun perlu dicatat bahwa sampai saat ini. WHO masih menetapkan covdi-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Pada tautan artikel Kompas.com juga tidak ditemukan pernyataan WHO yang menyatakan covid-19 telah berakhir. Pada artikel tertulis informasi pernyataan WHO yang menyebutkan bahwa kasus kematian akibat covid-19 turun ke level terendah sejak Maret 2020.

“Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia WHO Dokter Tedros Adhanom Ghebreyesus menyebutkan bahwa akhir pandemi sudah ada di depan mata. Pernyataan tersebut disampaikan berdasarkan data kasus covid-19 di dunia menurun secara drastis sejak 2020. Menurut Tedrol, covid-19 telah menewaskan jutaan orang dan menginfeksi 606 juta orang sejak muncul pada akhir 2019. pekan lalu, angkanya turun ke level terendah sejak Maret 2020.

Jadi, narasi yang menyatakan WHO telah menetapkan Covid-19 berakhir sejak 14 September 2022 adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x