Kompas TV feature news or hoax

Rekonstruksi, Rangkaian Cerita Para Tersangka - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 6 September 2022, 12:36 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Akhirnya, rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadir Yosua menghadirkan lima orang tersangka, Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Kuat Ma'ruf, Ricky Rizal, dan Richard Eliezer, kembali berkumpul untuk mengonfirmasi keterangan yang telah mereka sampaikan dalam berita acara pemeriksaan sebelumnya.

Dalam rekonstruksi ini, para tersangka disebut sebagai saksi mahkota, yaitu para saksi yang saling menyaksikan apa yang dilakukan oleh masing-masing tersangka, di tempat kejadian perkara.

Saksi mahkota tidak memiliki kewajiban membuktikan keterangan yang mereka berikan sebelumnya dalam BAP. Mereka diizinkan mengubah keterangan yang sebelumnya telah mereka sampaikan dalam BAP.

Dalam kesempatan inilah, untuk pertama kalinya setelah ditetapkan sebagai tersangka, Brigadir Richard Eliezer dipertemukan dengan Ferdy Sambo. Richard Eliezer mendapat pendampingan LPSK dalam kegiatan rekonstruksi ini.

Komnas HAM turut hadir dalam rekonstruksi ini. Bagi publik kehadiran Komnas HAM dalam seluruh rangkaian penyelidikan dan penyidikan memang sebuah kewajiban, agar proses penyelesaian kasus ini dapat terpantau dengan transparan.

Bagi pihak penyidik, rekonstruksi adalah metode validasi atas keterangan yang diberikan para tersangka dalam BAP. Metode rekonstruksi, menjadi salah satu proses untuk memaksimalkan ingatan manusia yang terbatas dan terkontaminasi kejadian lain di luar peristiwa kejahatan yang terjadi. Cerita lain dari rekonstruksi peristiwa Duren Tiga ini adalah momen bertemunya tersangka Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x