Kompas TV feature food story

Kuliner Khas Kota Gadis (3)

Kompas.tv - 7 Agustus 2018, 15:30 WIB
Penulis : Edika ipelona

Food Story episode kali ini ada di kota Madiun Jawa Timur. Kota yang identik dengan Pecel dan Brem ini juga punya kuliner khas lainnya. Salah satunya, Roti Bluder, roti khas yang kerap diburu para artis dan bahkan juga anak presiden saat berkunjung ke kota ini. Roti ini memang berbeda dari roti biasanya. Roti Bluder memiliki tekstur yang super lembut dengan aroma dan rasa mentega yang menggoda dan begitu terasa di lidah. Roti warisan kolonial Belanda ini, memiliki tekstur seperti roti dengan rasa seperti cake.

Rawon jadi salah satu hidangan khas Jawa Timur yang juga wajib dicicipi saat berkunjung ke Madiun. Hidangan berkuah warna hitam ini memang bisa membangkitkan selera. Nah, Benoe juga mau belajar memasak Rawon Iga dari executive chef salah satu di Madiun.

Kalau pas berkunjung ke alun-alun Madiun, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi Dawet Suronatan ya food lovers. Cendol di Dawet Suronatan berwarna pink, beda dari dawet biasanya. Selain itu, ada tambahan Jenang Ketan dan Tape Singkong yang menambah cita rasa manis. Dawet ini sudah ada sejak tahun 1962.

Masih di kawasan alun-alun Madiun, ada Soto Semeru. Kedai soto ini buka pukul 18.00 wib, pas untuk makan malam. Tokoh di balik soto ayam kampung yang sudah ada sejak tahun 1974 ini adalah Mbah Pakat yang saat ini sudah berusia 84 tahun.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x