Kompas TV feature news or hoax

Hepatitis Akut Misterius | News Or Hoax

Kompas.tv - 16 Mei 2022, 08:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Hepatitis akut misterius tiba-tiba menginfeksi banyak anak di dunia, di indonesia beberapa anak meninggal dunia diduga karena penyakit ini.

Menteri kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, terdapat 15 kasus hepatitis akut di Indonesia hingga hari senin, 9 mei, 2022. Budi mengatakan, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada semua rumah sakit dan dinas kesehatan untuk melakukan pengawasan surveilans terkait dengan kasus ini per 27 april 2022.

Ikatan dokter anak Indonesia (idai) menyebut penyebab pasti kasus hepatitis akut misterus yang menginfeksi anak-anak, masih belum diketahui.

Namun, langkah awal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya hepatitis antara lain, rutin mencuci tangan menggunakan sabun, mencuci seluruh bahan makanan hingga bersih, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit, menjaga kebersihan, dan disiplin protokol kesehatan.

Para orangtua juga diminta segera menuju ke fasilitas kesehatan terdekat, bila anak memiliki gejala hepatitis, yang berujung pada penurunan kesadaran, hingga kejang-kejang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x