Kompas TV feature karena wanita

Berkenalan dengan Ars-Vita Alamsyah: Asli Indonesia, Insinyur SpaceX, dan Pernah Magang di Nasa

Kompas.tv - 15 Mei 2022, 09:44 WIB
berkenalan-dengan-ars-vita-alamsyah-asli-indonesia-insinyur-spacex-dan-pernah-magang-di-nasa
Ars-Vita Alamsyah selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai proses pembuatan dan perakitan suatu benda sejak kecil. (Sumber: Dok. ARS-VITA ALAMSYAH via VOA INDONESIA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Gading Persada

HAWTHORNE, KOMPAS.TV - Perempuan Indonesia bergelar insinyur teknik mesin dan master manajemen rantai pasokan, Ars-Vita Alamsyah, mengisahkan dirinya sejak kecil hingga kuliah di Amerika Serikat (AS) dan bekerja di SpaceX, perusahaan industri antariksa milik Elon Musk.

“Ya, ini waktu yang sangat menarik untuk berkecimpung dalam industri luar angkasa, dan sejujurnya itu bukan minat langsung yang saya bangun sejak kecil,” ujar Vita dilansir dari Kompas.com, Minggu (15/5/2022).

Sejak kecil, kata Vita, ia selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mengenai proses pembuatan dan perakitan suatu benda, berkat kakeknya yang seorang insinyur mesin. 

“Saya amat terinspirasi olehnya,” ujar Vita.

Vita mendapatkan gelar insinyur teknik mesin dari University of Maryland setelah menyelesaikan program sarjana jurusan Teknik Mesin pada tahun 2017.

Sejak saat itu, ia memulai karir di bidang industri kedirgantaraan (aerospace industry).

Sebelum lulus sarjana, ia juga pernah magang di Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) selama sebulan.

Setelah mendapat gelar insinyur, Vita bekerja di Northrop Grumman, perusahaan teknologi pertahanan dan kedirgantaraan Amerika. Di sana, ia bertanggung jawab mengatasi isu rantai pasokan global.

Tiga tahun kemudian, Vita menempuh pendidikan master ilmu terapan dalam bidang manajemen rantai pasokan di Massachusetts Institute of Tehcnology (MIT).

Lulus dari MIT, ia bergabung dengan SpaceX pada Agustus 2021 sebagai supply chain reliability engineer.

Vita saat menyelesaikan pendidikan master ilmu terapan dalam bidang manajemen rantai pasokan di Massachusetts Institute of Tehcnology. (Sumber: DOK ARS-VITA ALAMSYAH via VOA INDONESIA)

Baca Juga: SpaceX Luncurkan 47 Starlink Usai Satelitnya yang Telah Mengorbit Bumi Dihantam Badai Matahari!

SpaceX merupakan perusahaan produsen kendaraan antariksa, jasa transportasi luar angkasa, serta komunikasi, yang bermarkas di kota Hawthorne, California, AS.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x