Kompas TV feature news or hoax

Hoaks TKA Tiongkok Hadapi Unjuk Rasa Mahasiswa 11 April 2022 - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 18 April 2022, 10:32 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar sebuah foto disertai narasi bahwa tenaga kerja asing asal Tiongkok akan menghadapi demo 11 April 2022. Pada foto tersebut terlihat jejeran orang berseragam Brimob.Namun setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Narasi tentang keterlibatan TKA Tiongkok di antara pasukan brimob merupakan hoaks yang telah lama beredar sejak 2019.

Dari hasil tangkapan layar yang beredar menggunakan reverse image search, salah satu hasil mengarahkan ke salah satu artikel pemeriksa fakta di situs kominfo.go.id pada 22 Mei 2019 lalu.

Dalam konferensi pers Divisi Humas Polri 2019, petugas yang waktu itu menjabat membantah bahwa ada pasukan brimob dari luar negeri.

Adapun polisi yang menggunakan masker dalam foto yang tengah viral tersebut telah dikonfirmasi bahwa laki-laki dalam foto tersebut adalah warga Indonesia.

Narasi hoaks semacam ini ramai beredar ketika terjadi demonstrasi protes terhadap hasil rekapitulasi suara pada pilpres 2019 silam.

Jadi, foto yang beredar yang menyatakan pasukan asing asal Tiongkok menghadapi demo 11 April adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x