Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Ibadah Haji Tahun Ini Dibatalkan, Dana Digunakan Untuk Pembangunan IKN | News Or Hoax

Kompas.tv - 11 April 2022, 12:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar foto sebuah portal berita yang menyebutkan ibadah haji tahun ini dibatalkan dan dananya digunakan untuk pembangunan ibu kota negara atau IKN Nusantara. Tangkapan layar tersebut hanya memuat judul dan nama media, tertera pula nama dan foto Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang dituding sebagai pihak yang memberi pernyataan tersebut.

Namun, setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Foto yang beredar adalah hasil editan, di mana judul yang asli pada portal berita tersebut adalah “menag yaqut, pemerintah tak akan hentikan pemberangkatan haji”, yang diunggah pada 17 januari 2022 lalu. Judul pada halaman portal berita sudah diubah dengan menggunakan foto dari laman portal tersebut.

Terkait tudingan dana haji untuk pembangunan ikn, corporate secretary badan pengelola keuangan haji BPKH, Emir Rio Khrishna, memastikan berita yang beredar adalah hoaks. Hal serupa juga disampaikan kepala dividi humas dan administrasi kantor BPKH. “sejauh ini, belum ada informasi terkait haji batal atau tidak. Malah kami semua optimistis dengan dibukanya umrah, semoga haji di dunia diadakan”, ujar Nurul yang dikutip dari kompas dot com.

Ia juga menyatakan, dana haji yang dialihkan untuk pembangunan IKN adalah hoaks. Dana haji aman, prudent, dan diinvestasikan sesuai prinsip syariah, kehati-hatian, nilai manfaat, akuntabel, dan nirlaba. Laporan keuangan tahunan BPKH juga bisa dilihat dari web BPKH dot go dot id.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x