Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Butuh Uang Cepat Saat Ramadan? Simak Tips Aman Gadaikan Barang

Kompas.tv - 8 April 2022, 19:02 WIB
butuh-uang-cepat-saat-ramadan-simak-tips-aman-gadaikan-barang
Jasa gadai kini marak bertebaran di pinggir jalan. Masyarakat harus memilih rumah gadai resmi yang terdaftar di OJK agar terhindar dari penipuan. (Sumber: Kontan/Cheppy A Muchlis )
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV –  Saat menjelang hari besar seperti Ramadan, aktivitas gadai seringkali meningkat. Hal ini seperti rutinitas untuk mendapatkan dana dengan aman dan mudah.

Gadai dipilih dengan pertimbangan tidak ingin kehilangan barang yang disayangi. Mengingat, tempat gadai akan mengembalikan barang setelah debitur melunasi pinjaman.

Melansir dari Kontan.co.id, sebelum menggadaikan barang harus memperhatikan beberapa poin penting agar jangan sampai dirugikan di kemudian hari.

1. Lakukan survei

Sebelum menggadaikan barang, sebaiknya melakukan survei ke beberapa tempat gadai. Tujuannya, agar mendapatkan tempat gadai yang aman.

Aman yang dimaksud adalah tim gadai menjamin keamanan barang yang digadaikan dan data diri Anda sebagai debitur. Disarankan untuk mengunjungi beberapa tempat gadai. Barulah bisa membandingkan dan memilih gadai yang paling menguntungkan dan aman.

2. Cek legalitas Gadai

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya memeriksa legalitas tempat gadai. Pastikan tempat gadai tersebut mengantongi izin operasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, Anda pastikan tempat gadai tersebut tercatat sebagai anggota Perkumpulan Perusahaan Gadai Indonesia. Asosiasi tersebut berfungsi mengawasi kinerja Gadai. Status legalitas gadai biasanya dapat dicek di dalam website mereka.

Baca Juga: Pekan Pertama Ramadan, Masyarakat Mulai Ramai Gadaikan Barang

3. Transparan




Sumber : Kompas TV/Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x