Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Pengobatan Asam Lambung Atau Maag Dengan Totok Kaki | News Or Hoax

Kompas.tv - 10 Januari 2022, 11:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah video di media sosial berisi tips mengobati asam lambung atau mag. Pada video ini, asam lambung atau mag dapat diobati secara alami dengan melakukan totok di sejumlah titik yang ada di telapak kaki.

Namun setelah dicek kebenarannya, informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia FK UI sekaligus dokter spesialis penyakit dalam, Ari Fahrial Syam, dalam wawancaranya bersama kompas dot com menyatakan, metode totok kaki yang diklaim mengobati asam lambung atau mag adalah tidak benar atau hoaks.

Ari menyatakan cara paling tepat untuk mengobati asam lambung dan mag adalah berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti metode pengobatan yang dianjurkan dokter. Ia juga menyatakan, penyakit asam lambung dan mag dapat sembuh total, misalnya mag yang disebabkan oleh kuman.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 800 pasien dari berbagai daerah di Indonesia, ditemukan bahwa kasus mag karena kuman helicobacter pylori adalah sebanyak 20 persen. Atau satu dari lima pasien yang sakit mag disebabkan oleh kuman tersebut. 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x