Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

8 Hal yang Ibu Perlu Tahu tentang Menyusui Bayi Menggunakan Botol

Kompas.tv - 15 Desember 2021, 12:09 WIB
8-hal-yang-ibu-perlu-tahu-tentang-menyusui-bayi-menggunakan-botol
Ilustrasi. Menyusui bayi secara langsung mungkin menjadi pilihan bagi sebagian ibu. Namun, terkadang kesibukan pekerjaan atau hal lain menyebabkan ibu tidak bisa menyusui. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Menyusui bayi secara langsung mungkin menjadi pilihan bagi sebagian ibu. Terkadang kesibukan pekerjaan atau hal lain menyebabkan ibu tidak bisa menyusui bayinya secara langsung.

Memberikan susu dalam botol dapat menjadi solusi dari kendala menyusui secara langsung. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh ibu jika ingin memberi susu dalam botol.

Berikut delapan dari sejumlah hal yang harus diketahui oleh ibu, seperti diulas Renee A. Alli, MD, seorang instruktur di Georgia Chapter dari American Academy of Pediatrics EPIC Program Menyusui, dilansir WebMD:

1. Botol Kaca atau Plastik?

Bayi Anda mungkin memberi Anda petunjuk tentang mana yang lebih mereka sukai. Botol plastik ringan dan tahan pecah tetapi mungkin tidak bertahan selama kaca.

Di masa lalu, beberapa orang tua memilih kaca untuk menghindari bahan kimia yang disebut bisphenol A (BPA) yang digunakan dalam beberapa botol plastik.

Sekarang, semua botol plastik yang dijual di AS bebas BPA. Botol hybrid terbuat dari plastik di bagian luar sehingga tidak pecah, dengan lapisan kaca di antara plastik dan formula.

Baca Juga: 6 Tanda Bayi sedang Lapar dan Manfaat Menyusui bagi Ibu

2. Perhatikan Puting Botol

Sebagian besar puting botol terbuat dari silikon atau lateks, dan tersedia dalam berbagai bentuk. Mereka terkadang memiliki laju aliran yang berbeda berdasarkan ukuran lubang puting.

Anda mungkin ingin mencoba beberapa jenis untuk melihat apa yang disukai dan dapat diminum bayi Anda dengan mudah. Periksa puting sering untuk tanda-tanda aus atau retak. Ganti semua yang aus atau berubah warna

3. Cuci Botol dan Puting

Anda dapat mencucinya dengan deterjen dan air panas, dengan tangan atau di mesin pencuci piring. Lakukan setiap kali Anda menggunakannya.

Anda mungkin lebih suka mencuci botol plastik dengan tangan, karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahan kimia bocor dari plastik saat terkena suhu panas.

4. Tetap pada ASI atau Formula

Berikan bayi Anda hanya ASI atau susu formula yang dipompa ke dalam botol - tanpa air atau jus.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x