Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Mana yang Lebih Aman untuk Penderita Diabetes, Semangka Utuh atau Jus?

Kompas.tv - 14 Desember 2021, 10:42 WIB
mana-yang-lebih-aman-untuk-penderita-diabetes-semangka-utuh-atau-jus
Ilustrasi semangka. Semangka mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B6, C, kalium, magnesium, serat, besi, kalsium, dan likopen.(Sumber: Pixabay)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Semangka mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin A, B1, B6, C, kalium, magnesium, serat, besi, kalsium, dan likopen.

Namun, selain mengandung vitamin dan mineral, semangka juga mengandung banyak air dan gula tinggi. Dalam 286 gram semangka mengandung sekitar 17,7 gram gula. 

Dengan kandunga air dan gula yang tinggi tersebut, amankah semangka dikonsumsi oleh penderita diabetes? 

Penderita diabetes harus berhati-hati memilih dan mengonsumsi makanan. Hal ini untuk mengontrol kadar gula darah dan menghindari komplikasi penyakit. 

Mengutip dari Medical News Today, diet tinggi buah dan sayur bermanfaat mengontrol gula darah. Banyak buah yang mengandung gula dan karbohidrat alami, sehingga penting untuk menyesuaikan porsi konsumsi. 

Baca Juga: Jadi Barang Mahal di Luar Negeri, Batang Pohon Pisang Ternyata Bisa Obati Diabetes dan Darah Tinggi

Asosiasi yang peduli pada dampak mematikan diabetes di Amerika, American Diabetes Association (ADA) menyarankan agar tidak ada distribusi tunggal makronutrien,  yang terdiri dari lemak, protein, karbohidrat. 

Perlu adanya rencana individual yang dibuat oleh tim kesehatan dan ahli gizi dengan mempertimbangkan kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Salah satu hal yang berperan penting dalam memengaruhi kadar gula darah seseorang adalah Indeks Glikemik (GI).



Sumber : Kontan.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x