Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Berikut Daftar 11 Hal yang Penting Saat Melaksanakan Program Kehamilan

Kompas.tv - 30 November 2021, 20:56 WIB
berikut-daftar-11-hal-yang-penting-saat-melaksanakan-program-kehamilan
Ilustrasi. Berikut 11 hal yang bisa dilakukan oleh pasangan yang sedang melakukan program kehamilan. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Mengandung  dan melahirkan bayi mungkin merupakan salah satu hal yang diidamkan oleh sebagian perempuan yang sudah menikah.

Namun, terkadang calon ibu bingung tentang apa yang harus dilakukan selama program hamil. Mulai dari hal yang harus dilakukan hingga apa yang sebaiknya dikerjakan.

Dilansir WebMD, berikut 11  hal yang bisa dilakukan oleh pasangan yang sedang melakukan program kehamilan:

1. Buat janji dengan dokter Anda.

Benar, Anda akan sering bertemu mereka setelah Anda hamil, tetapi ada baiknya untuk melakukan jadwal kunjungan sebelumnya juga, bahkan jika Anda pernah hamil sebelumnya.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan yang dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil atau yang dapat membuat kehamilan lebih berisiko, penting untuk mengendalikannya sekarang.

Dokter Anda akan ingin memulai pemeriksaan prakehamilan dengan mendapatkan riwayat medis lengkap dari Anda dan pasangan.

Mereka mungkin juga ingin menjalankan sejumlah tes -- seperti tes darah dan Pap smear -- untuk memastikan bahwa Anda berdua tidak memiliki kondisi medis yang dapat memengaruhi kehamilan atau peluang Anda untuk hamil.

Dokter Anda mungkin menguji penyakit seperti rubella, atau kekebalan campak Jerman, kekebalan cacar air, HIV, imunitas hepatitis B, herpes, serta PMS lain (seperti klamidia, sifilis, dan gonore), juga masalah tiroid (dengan tes TSH).

Baca Juga: Biskuit Anti Mual Untuk Ibu Hamil, Inovasi Mahasiswa Malang

2. Periksa gusi Anda.

Ada hubungan antara kesehatan mulut yang baik dan kehamilan yang sehat. Penyakit gusi terkait dengan kelahiran dini dan berat badan lahir rendah. Jadi sekaranglah saatnya menemui dokter gigi untuk mengatasi masalah apa pun.

3. Berhenti merokok dan minum alkohol.

Anda mungkin sudah tahu bahwa tembakau dan alkohol selama kehamilan tidak pernah baik-baik saja. Mereka buruk untuk pertumbuhan bayi dan dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi mereka ketika mereka bertambah tua.

Tetapi bahkan sekarang, merokok dan minum alkohol dapat mempersulit kehamilan dan meningkatkan peluang Anda untuk keguguran. Bicaralah dengan dokter Anda tentang program yang dapat membantu Anda menghentikan kebiasaan ini.

4. Kurangi kafein.

Minum lebih dari dua cangkir kopi atau lima kaleng soda sehari (sekitar 250 miligram kafein) dapat mempersulit Anda untuk hamil dan meningkatkan kemungkinan Anda akan keguguran.

Beralih ke kopi tanpa kafein sekarang memiliki keuntungan lain: Anda tidak perlu menahan keinginan mengidam kafein selama beberapa minggu pertama kehamilan.

5. Makanan bergizi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x