Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

5 Masalah Penglihatan Mata yang Sering Terjadi dan Cara Pencegahannya

Kompas.tv - 20 November 2021, 07:20 WIB
5-masalah-penglihatan-mata-yang-sering-terjadi-dan-cara-pencegahannya
Ilustrasi. Dokter mata Richard Gans, MD, menjelaskan lima kondisi paling umum yang memengaruhi penglihatan Anda dan berbagi tip untuk menjaganya. (Sumber: Unsplash.com/Marc Schulte)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Fadhilah

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Sebagian orang terkadang merasa kesulitan untuk melihat akibat beberapa hal dan membutuhkan bantuan kacamata.

Dokter mata Richard Gans, MD, menjelaskan lima kondisi paling umum yang memengaruhi penglihatan mata Anda dan berbagi tips untuk menjaga penglihatan Anda.

Berikut kelima masalah pengelihatan tersebut, dilansir Cleveland Clinic:

1. Katarak

Masalahnya: Sinar cahaya dari objek yang terlihat harus melewati lensa mata untuk mencapai sel penginderaan cahaya retina Anda. Katarak mengaburkan lensa dan menyebabkan penglihatan Anda berkabut

Tips pencegahan: Lindungi mata Anda dengan lensa yang menghalangi sinar UVA dan UVB, dan hindari merokok. Sangat penting untuk mengontrol tekanan darah Anda, menjaga berat badan Anda dan mengelola diabetes juga.

Baca Juga: Apakah Klorin di Air Berpengaruh pada Kesehatan Mata? Begini Kata Dokter

2. Retinopati diabetik

Masalahnya: Retina mengubah cahaya menjadi sinyal yang dapat diproses oleh otak Anda. Diabetes dapat membuat retina membengkak dan membuat pembuluh darah bocor, menyebabkan kabur, berkedip, floaters, nyeri, dan tekanan.

Tips pencegahan: Lakukan pemeriksaan mata tahunan untuk mendeteksi masalah mata diabetes sejak dini, yang dapat mencegah atau memperlambat kehilangan penglihatan. Mengontrol glukosa darah dan tekanan darah Anda juga penting.

3. Degenerasi makula

Masalahnya: Anda mengandalkan sel penginderaan cahaya di makula, pusat retina Anda, untuk pengelihatan sentral.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.