Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Benarkah Nyamuk Lebih Suka Gigit Orang dengan Golongan Darah O? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 9 November 2021, 10:52 WIB
benarkah-nyamuk-lebih-suka-gigit-orang-dengan-golongan-darah-o-ini-penjelasannya
Ilustrasi nyamuk mengigit manusia golongan darah O. (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Anggapan nyamuk lebih suka menggigit orang dengan golongan darah O telah menyebar luas. Benarkah demikian?

Melansir Healthline, Selasa (9/11/2021), orang dengan golongan darah yang berbeda punya set protein spesifik (antigen) yang berbeda pada permukaan sel darah merahnya.

Misalnya, golongan darah A hanya memiliki antigen pada permukaan sel darah merahnya, golongan darah B hanya antigen B pada permukaan sel darah merahnya, golongan darah AB memiliki antigen A dan B pada permukanan sel darah merah, sementara golongan darah O tidak ada antigen A dan B.

Baca Juga: Lewat Golongan Darah Karakter Seseorang Ternyata Bisa Diketahui, Ini Daftarnya

Pada studi yang dilakukan pada tahun 1974, melibatkan 102 peserta untuk menemukan faktor-faktor individu yang meraik nyamuk. Studi ini menunjukkan bahwa nyamuk lebih suka menggigit golongan darah O.

Kemudian pada 2004, studi lain dilakukan untuk memeriksa preferensi nyamuk untuk golongan darah tertentu dan status sekretor mereka.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nyamuk lebih banyak mendarat pada orang dengan golongan darah O.

Namun, secara statistik hasil ini hanya signifikan jika dibandingkan dengan golongan darah A, tidak dengan golongan darah lain.

Para ilmuwan tidak puas sampai situ, mereka kembali melakukan studi pada tahun 2019 untuk menilai preferensi golongan darah pada nyamuk.

Studi ini dilakukan dengan memberikan sampel dari golongan darah yang berbeda. Hasilnya tak berbeda dengan studi sebelumnya, nyamuk lebih suka makan darah dari golongan darah tipe O.

Baca Juga: Intip Deretan Golongan Darah Terkuat hingga Paling Rentan Terhadap Penyakit

Kesimpulan dari beberapa studi yang dilakukan adalah nyamuk memang lebih menyukai individu dengan golongan darah O.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x