Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

3 Gejala Atipikal Gangguan Kesehatan Jantung pada Wanita

Kompas.tv - 3 November 2021, 16:45 WIB
3-gejala-atipikal-gangguan-kesehatan-jantung-pada-wanita
Ilustrasi. Hingga 70% wanita mengalami tekanan dada atau sesak dada. Tetapi 30% wanita memiliki gejala atipikal. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tubuh sangat mahir memberi sinyal ketika ada yang tidak beres. Misalnya, masalah pada jantung tidak hanya memicu saraf di area itu, tetapi juga menyebabkan rasa sakit di tempat lain.

Rasa sakit terkadang muncul tiba-tiba, bukan karena aktivitas fisik, dan dapat menyebabkan bangun di tengah malam.

Orang sering kali mengaitkan nyeri/tekanan dada dengan serangan jantung. Namun, wanita khususnya perlu mewaspadai tanda-tanda tambahan masalah jantung.

“Kebanyakan wanita memiliki gejala yang sama dengan pria,” kata ahli jantung Leslie Cho, MD, seperti dilansir Cleveland Clinic.

“Hingga 70 persen wanita mengalami tekanan dada atau sesak dada. Tetapi 30 persen wanita memiliki gejala atipikal.”

Dr Cho membahas tiga gejala atipikal yang harus diwaspadai dan menjelaskan apa yang perlu dikhawatirkan, dan apa yang tidak.

1. Kelelahan ekstrim

Sebagian wanita mungkin sibuk melakukan pekerjaan dan dan mengurus keluarga. Tidak mengherankan, ini juga mungkin menyebabkan kelelahan, hal itu sangat normal. Namun, kelelahan jantung jauh lebih dramatis dan melemahkan.

"Kami tidak berbicara tentang kelelahan global seperti Anda merasa lelah di penghujung hari," kata Dr Cho.

Baca Juga: Hanna Kirana Meninggal, Pacar Ungkap Kondisi Terakhir: Badan Membiru, Detak Jantung Sempat Berhenti

"Kami tidak berbicara tentang Anda perlu pergi tidur siang pada jam 5."

Sebaliknya, ini berarti Anda tiba-tiba lelah setelah rutinitas olahraga biasa.

"Kita berbicara tentang Anda dapat berjalan menaiki beberapa anak tangga - dan sekarang Anda hampir tidak dapat menaiki satu tangga pun," kata Dr Cho.

"Atau Anda tidak bisa berjalan ke atas tanpa merasa sangat lelah."

Hal-hal lain yang harus diwaspadai termasuk kelelahan atau dada yang terasa berat meskipun tidak terlalu memaksakan diri, atau terlalu lelah karena aktivitas sederhana seperti merapikan tempat tidur, berjalan ke kamar mandi, atau berbelanja.

2. Sesak napas

Seiring bertambahnya usia wanita, kurang olahraga dan penambahan berat badan secara bertahap menyebabkan masalah seperti sesak napas. Namun, ini bisa menandakan masalah jantung ketika terjadi dalam situasi tertentu.

“Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda berjalan di sekitar blok membawa anjing Anda keluar, Anda akan menjadi sangat terengah-engah di mana sebelumnya tiadk merasakan hal itu,” kata Dr Cho.

"Berjalan ke mobil Anda, Anda akan menjadi sangat, sangat sesak."

Sesak napas yang memburuk saat berbaring dan membaik saat duduk, juga merupakan tanda peringatan gagal jantung, seperti halnya sesak napas yang terus memburuk seiring waktu setelah aktivitas. Merasa tiba-tiba sesak napas jika Anda tidak berolahraga juga merupakan gejala.

3. Tidak mampu melakukan kebiasaan

Mendefinisikan gejala ini bisa agak sulit karena itu bukan tanda serangan jantung universal dan lebih tergantung pada pengalaman pribadi Anda dan tingkat energi dasar.

"Ini adalah perubahan signifikan dalam status fungsional Anda, begitulah menurut saya," kata Dr Cho.

“Anda bisa berada di treadmill 20 menit, tetapi sekarang Anda hampir tidak bisa melakukan 10 menit karena Anda merasa sangat lelah.”

Tanda-tanda serangan jantung potensial lainnya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x