Kompas TV entertainment lifestyle

Jual Obat Corona, Ini 3 Persamaan Kontroversi Ningsih Tinampi dan Hadi Pranoto

Kompas.tv - 5 Agustus 2020, 09:54 WIB
jual-obat-corona-ini-3-persamaan-kontroversi-ningsih-tinampi-dan-hadi-pranoto
Ilustrasi Kolase Hadi Pranoto dan Ningsih Tinampi (Sumber: Youtube)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Konroversi obat corona memang menyedot perhatian publik. Nama Hadi Pranoto, tiba-tiba viral usai menyampaikan obat herbal Covid-19 dalam kanal YouTube Dunia Manji menyampaikan penjelasan tentang riset yang dikembangkannya. Tapi tahukah Anda sebelum Hadi Pranoto, nama Ningsih Tinampi juga pernah viral usai mengaku menjual obat corona.

Mengutip Kompas.com, Senin (3/8/2020), Hadi mengaku risetnya tentang obat Covid-19 yang disebutkan dalam kanal YouTube milik musisi Anji itu adalah lembaga independen.

Hadi menyampaikan memiliki beberapa tim yang sudah melakukan riset sejak lama tentang obat-obat herbal, yakni sejak tahun 2000-an.

"Bukan hanya untuk peningkatan imun dalam tubuh antibodi Covid-19, tapi ada beberapa riset yang kita kembangkan," kata Hadi.

Nama Ningsih Tinampi, pemilik layanan kesehatan alternatif di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur juga sebelumnya mengklaim punya obat penawar untuk membunuh virus corona atau Covid-19.

Video sepanjang 6 menit itu juga menampilkan Ningsih Tinampi yang ssedang menjelaskan cara meminum obat tersebut. 

"Tuang cairan dalam sendok teh, lalu dicampur air setengah gelas, diaduk lalu diminum," ucapnya.

Berikut 3 persamaan yang dirangkum KompasTV terkait kontroversi obat corona Hadi Pranoto dan Ningsih Tinampi.

1. Sama-sama viral dari Youtube

Tangkapan layar YouTube Anji bersama Hadi Pranoto (Sumber: Youtube/duniaMANJI)

Nama Hadi Pranoto juga mencuat dibicarakan publik usai diwawancarai musisi Anji dalam kanal  Youtube-nya. Video tersebut bahkan dihapus Youtube, hingga keduanya Anji dan Hadi Pranoto kini dipolisikan karena diduga menyebarkan berita sesat.

Nama Ningstih Tinampi juga mencuat dari Youtube. Ia pertama kali mengenalkan produk yang disebutnya obat corona yang diproduksi oleh Pandaan. 

Melalui saluran Youtube miliknya dengan akun Youtube bernama Ningsih Tinampi, obat berupa minuman itu dijual seharga Rp 35.000 per botol. 

"Tuang cairan dalam sendok teh, lalu dicampur air setengah gelas, diaduk lalu diminum," ucapnya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x