Kompas TV entertainment lifestyle

6 Hal Ini Paling Ditunggu saat Pandemi Corona Berakhir

Kompas.tv - 20 Juni 2020, 22:10 WIB
6-hal-ini-paling-ditunggu-saat-pandemi-corona-berakhir
Wisatawan menikmati pemandangan areal persawahan berundak di Tegallalang, Gianyar, Bali  (Sumber: Harian Kompas/Heru Sri Kumoro)
Penulis : Desy Hartini

Penulis: Harry Radjabaycolle

KOMPAS.TV - Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah sebisa mungkin wajib dipatuhi agar penyebaran virus corona tidak kian meluas.

Memang tak sedikit dari kamu yang tentu merasa jenuh lantaran harus tetap berada di rumah, bukan? Terlebih kamu yang kerap melakukan kegiatan di luar rumah untuk bertemu dengan banyak orang setiap harinya.

Selain berdiam diri di rumah, imbauan pemerintah lainnya saat itu meliputi pembatasan transportasi umum, penutupan mal dan sejumlah tempat wisata, hingga penghentian aktivitas perkantoran dan sekolah. 

Namun, pemerintah mulai meminta masyarakat bersiap memasuki era new normal atau pola hidup baru.

Di era new normal, aktivitas warga dan perekonomian sudah kembali berjalan, tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan menggunakan masker.

Pandemi segera berakhir tentu jadi idaman semua pihak. Berikut ini adalah enam hal yang paling ditunggu saat pandemi Covid-19 berakhir. 

Umat Muslim menunaikan shalat Jumat di Masjid Agung Al-Barkah, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat, (29/5/2020). (Sumber: Kompas.com/Garry Lotulung)

1. Beribadah di tempat ibadah

Untuk pertama kalinya sejak pandemi Corona, Muslim sudah dapat menjalankan salat Jumat di masjid sejak 5 Juni 2020 lalu. Meski perang terhadap Covid-19 belum berakhir, tetapi salat jumat di masjid tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Jumlah jemaah yang melaksanakan salat Jumat dibatasi separuh dari kapasitas masjid. Sebelum masuk areal masjid untuk berwudhu, jemaah juga diperiksa suhu satu per satu.

Saat ini, pemerintah memang mengimbau agar tempat ibadah yang berada di zona hijau-lah yang diperkenankan dibuka. Sementara, tempat ibadah di zona merah masih tetap tutup hingga tingkat penyebaran Covid-19 turun.

2. Kembali bekerja

Selama masa pandemi Corona, banyak karyawan yang terpaksa harus Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah, bahkan tak sedikit yang harus dirumahkan.

Meski rutinitas bekerja di kantor kadang membosankan karena macet di perjalanan atau pekerjaan yang menumpuk, tetapi hal itu tentu sangat dirindukan.

Tentu rindu dapat melakukan absensi secara normal, bertemu langsung teman-teman dan bos di kantor, saling tegur sapa bahkan bercanda sebelum menuju meja kerja masing-masing. 

3. Berlibur 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x