Kompas TV entertainment selebriti

Nadiem Hapus dari Ekskul Wajib Sekolah, 6 Artis Ini Ternyata Kagum dengan Pramuka

Kompas.tv - 3 April 2024, 05:00 WIB
nadiem-hapus-dari-ekskul-wajib-sekolah-6-artis-ini-ternyata-kagum-dengan-pramuka
Olivia Zalianty. Ia menjadi salah satu artis yang kagum dengan gerakan Pramuka. Gerakan kepanduan ini baru saja dihapus sebagai ekskul wajib di sekolah oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Sumber: Tribunnews.com )
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Pramuka sejak dulu diketahui memiliki pembelajaran yang banyak dalam pendidikan karakter bagi anak didik.

Namun dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, salah satu isinya berbunyi menghapus ekstrakulikuler pramuka sebagai ekskul wajib.

Tentu saja, keputusan Nadiem Makarim sebagai Mendikbudristek kian disorot. Padahal, Pramuka sudah diperingati sebagai hari nasional di kalender setiap tanggal 14 Agustus.

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun).

Baca Juga: Dede Yusuf Pertanyakan Pramuka Dicabut dari Ekskul Wajib, DPR Panggil Nadiem Besok

Dilansir dari Tribunnews, berikut para artis Indonesia yang pernah menjadi anggota pramuka:

1. Alisia Rininta Soemodilogo 

Alisia Rininta Soemodilogo merupakan artis yang pernah bermain dalam film “Hasduk Berpola”. Film tersebut menceritakan tentang nasionalisme dan patriotisme berlatar kegiatan pramuka.

Dalam film tersebut, artis kelahiran Jakarta 1991 ini berperan sebagai Nuri. Alisia menceritakan tentang bagaimana proses syuting film Hasduk Berpola.

Ia juga menceritakan bahwa dulu saat masih sekolah pernah ikut Pramuka, karena pramuka itu mengajarkan kemandirian, kebersamaan.

Menurutnya, Pramuka bisa menjadikan pembentukan karakter yang baik dan memiliki semangat patriotisme sehingga makin banyak teman.

2. Olivia Zalianty

Adik Marcella Zallianty ini menyukai Pramuka. Bahkan dia menjadi salah satu pengurus Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka. Menurutnya pramuka menanamkan nilai-nilai moral dan semangat cinta tanah air.

3. Ine Febriyanti

Inr Febriyanti saat mengenakan seragam Pramuka. (Sumber: Ist)


Sumber : Tribunnews, Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.